PARAH, Kapolda Diminta Tindak Tegas Diduga Aktivitas PETI di Desa Sungai Sira Kecamatan Bunut Gunakan Eksavator

0

KOPATAS.NEWS || Kapuas Hulu, Kalbar – Aktivitas penambangan emas Tampa Izin (PETI) di sungai sira yang lokasi jalan masuk dekat SPBU Sungai Besar Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat terkesan kebal hukum.Aktivitas PETI di lokasi tersebut seolah – olah menyepelekan aturan Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum ( APH ) karna para penambang emas Tampa Izin bebas melakukan penambangan dengan mengunakan alat berat.

Saat awak media mengkonfirmasikan kepada salah seorang pelaku PETI yang enggan di sebut namanya mengatakan bahwa aktivitas penambangan Emas Tampa Izin (PETI) menggunakan alat berat di lokasi PETI Sungai Sira Desa Sungai Besar Kecamatan Bunut Hulu. Saat di tanya awak media siapa pemilik alat berat jenis excavator dirinya mengatakan bahwa pemilik alat berat H.JS warga desa sungai besar Kecamatan Bunut Hulu Kabupaten Kapuas hulu.

” Alat berat ( Eksavator ) yang kerja di sungai sira alat baru di beli oleh H.JS, awalnya Eksavator di pakai untuk pembersihan laham kebun sawitnya, alat berat milik H.JS ada tiga unit yang duanya masih di lokasi desa Beringin Kecamatan Bunut Hulu ulu,”ungkapnya, Minggu ( 10/03/2024 ).

BACA JUGA :

Bhabinkamtibmas Bersama Tim SAR Lakukan Pencarian Warga Desa Nanga Kayan Tengelam di Sungai

Terpisah berdasarkan hasil konfirmasi kepada warga yang disebut sebut pemilik alat berat yang beroperasi di lokasi PETi sungai sira dirinya mengatakan “tidak ada.

Menyikapi permasalahan Aktivitas pertambangan menggunakan alat berat di duga kuat liar ini aparat penegak hukum diminta usut tuntas dan melakukan penyelidikan dan segera melakukan penindakan tegas.

( Tim red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *