Satgas Yonif 310/KK Kunjungi Ondoafi, Perkuat Kemanunggalan TNI-Rakyat

0

Kopatas.news || Keerom ~ Dalam rangka mempererat kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat, Pos Unggalom Satgas Yonif 310/KK melakukan anjangsana ke rumah Ondoafi (Kepala Adat) di Kampung Unggalom, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Senin (4/3/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Ondoafi/Ondofolo adalah pimpinan tertinggi dalam satu kampung, Ondoafi adalah kepala adat (bukan kepala suku). Ondoafi ini membawahi 5 kepala suku (Kose).

Dikatakan Dansatgas, selain bertugas pokok menjaga kondisi keamanan di wilayah Papua, Satgas Yonif 310/KK juga melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan warga untuk mempererat hubungan silaturahmi serta kemanunggalan antara TNI dengan warga masyarakat. Salah satunya yang dilakukan Danpos Unggalom Sersan Mayor Agus Sopian yang melakukan anjangsana ke Ondoafi di Kampung Unggalom bernama Filipus Yemel (60).

“Anjangsana merupakan sarana paling efektif yang dilakukan Satgas dalam berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk lebih mempererat kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat,” terang Dansatgas.

Lanjut diungkapkan, menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam penugasan, hal ini dilakukan dengan intensif berkomunikasi dengan seluruh elemen masyarakat.

Ditambahkan, pada kesempatan ini personil Satgas menyampaikan kepada Ondoafi agar membantu dalam menjaga kondusifitas di Kampung Unggalom, selain itu dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memperkokoh ikatan persaudaraan.

“Ondoafi memiliki peranan penting dalam tatanan kehidupan masyarakat Papua. Dikalangan masyarakat, Ondoafi sangat berpengaruh dan dihormati,” tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Disisi lain, Filipus Yemel selaku Ondoafi di Kampung Unggalom mengungkapkan dirinya sangat senang dengan kehadiran personel Satgas Yonif 310/KK ke rumahnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada bapak TNI dari Pos Unggalom, saya akan selalu membantu dalam menjaga dan membangun kampung ini, semoga Tuhan selalu melindungi bapak-bapak sekalian dalam bertugas,” tutur Filipus.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *