Satgas Yonif 310/KK Ajak Warga Bersihkan Saluran Irigasi

0

Kopatas.news || Keerom ~ Dalam rangka menjamin ketersediaan air dan lancarnya saluran irigasi, Pos Kalipao Satgas Yonif 310/KK gotong royong bersama warga bersihkan aliran irigasi yang sudah lama tersumbat oleh rerumputan di Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Kamis (22/2/2024).

Hal ini disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dijelaskan Dansatgas, saluran irigasi tersebut merupakan jalur menuju sungai kecil yang merupakan sumber air tadah hujan bagi masyarakat kampung Yuwainda khususnya warga Suku Pasebo.

“Saya selalu menekankan kepada pos-pos TNI jajaran Satgas Yonif 310/KK agar selalu peka dalam membantu serta mengatasi kendala dan kesulitan warga di desa binaan nya masing-masing,” tegas Dansatgas.

Lanjut diungkapkan, kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu sarana pembinaan teritorial dan wujud kepedulian Satgas Yonif 310/KK kepada masyarakat dengan membersihkan lingkungan agar kedepannya masyarakat lebih peduli lagi dengan kebersihan di sekitarnya.

Sementara itu, Danpos Kalipao Sersan Mayor Ahmad Mu’minin menambahkan bahwa ini merupakan tindak lanjut dari keluhan warga karena tampungan air tadah hujan yang ada tidak pernah terisi penuh walaupun kondisi hujan sedang turun. Hal ini mengakibatkan pasokan air untuk Suku Pasebo menjadi terbatas.

“Setelah kami melakukan pengecekan ternyata saluran irigasi tertutup oleh rerumputan dan menyumbat jalan nya air. Kami mengajak para warga untuk membersihkannya,” tambah Danpos.

Disisi lain, Dominikus Pasebo (51) selaku Tokoh Adat Suku Pasebo mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang telah peduli dan merespon keluhan warganya.

“Saya mewakili Suku Pasebo sangat berterima kasih kepada personil Satgas atas kepeduliannya untuk mengajak warga sekitar membersihkan irigasi tersebut, sehingga saluran irigasi ini menjadi bersih kembali,” ungkap Dominikus Pasebo.

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *