Pestival Durian Lokal Di Ikuti 49 Peserta di Wilaya Lembak Kabupaten Rejang Lebong

0

Kopatas.news | Rejang Lebong Kopatas News – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pekat Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menggelar kontes durian unggul khas lokal Lembak.

Kontes yang digelar 21-22 Februari 2024 ini berlangsung di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Pasar Padang Ulak Tanding, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rengan Lebong yang diikuti puluhan kontestan. (12/02/2024).

Disampaikan Ishak Burmansyah, bahwa kontes durian ini diikuti 42 peserta dari 58 peserta yang mendaftar. Kontes durian yang ia lakukan ini tidak membawa peserta dari luar dirinya bersama panitia ingin memperkenalkan duria khas wilayah lembak agar bisa dikenal di kanca nasional.

“Wilayah Lembak Kabupaten Rejang Lebong banyak memilik varietas durian, hanya saja durian asal lembak ini belum muncul kepermukaan,” ujar Ishak Burmansyah saat dijumpai di lokasi kontes.

Ishak Burmansyah menjelaskan bahwa wilayah lembak yang meliputi 7 Kecamatan ini banyak memilik varian durian dengan bermacam warna isi dari warna putih susu, orange, pink, kuning hingga merah. Dirinya meyakinkan setelah dilakukan kontes ini, durian khas wilayah Lembak dapat dikenal dikalangan nasional.

“Nanti kita persilahkan dewan juri untuk menilai varietas durian yang ikut kontes. Kita hari ini sengaja mendatangkan dewan juri dari Propinsi Bengkulu yang sudah berlisensi untuk menilai durian yang terbaik, jadi juri yang kita hadirkan memang sudah ahlinya di bidang durian,” ucap Bur Andam sapaannya.

Ketua LSM Pekat ini juga mengungkapkan bahwa saat ini hampir 2000 perhari buah durian yang keluar dari wilahyah Lembak telah dipasarkan ke berbagai kota. Hanya saja katanya buah durian yang di miliki masyarakat lembak belum memiliki sertifikat

“Kita berharap dengan dilakukannya kontes ini buah durian dari Lembak bisa muncul kepermukaan nasional, dan ditambah lagi dorongan yang kuat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk selalu mensuport kegiatan ini,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *