Sampah Masih Menumpuk, Apa Solusinya???

0

Kopatas.news || Kabupaten Tangerang – Terlihat di beberapa titik, sampah masih menjadi pemandangan yang tidak sedap dipandang, terletak di pinggir bahu jalan Baru Pasar Sentiong, Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Rabu, (21/02/2024)

Ironisnya, kondisi ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun tanpa ada solusi yang tepat dari pihak terkait.

Hasil pantauan awak media, terlihat sudah terpampang spanduk “Dilarang membuang sampah sembarangan”. Namun spanduk tersebut seakan tidak dihiraukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, karena masih banyaknya tumpukan sampah dipinggir bahu jalan, dan juga sampai saat ini belum ada tindakan tegas dari pihak Desa Tobat dan UPT 2 DLHK Kecamatan Balaraja.

Ketika di wawancarai warga setempat mengatakan “Sampah-sampah ini sudah lama menumpuk dan berserakan, tidak ada tindakan nyata dari UPT 2 DLHK Balaraja maupun Kades Tobat untuk mengatasinya sampai tuntas,” ungkap warga yang enggan disebutkan namanya.

Lanjutnya “Spanduk larangan saja tidak cukup, harus ada tindakan tegas dari pihak berwenang. Kalau perlu, berikan sanksi bagi yang membuang sampah sembarangan,” tegas warga tersebut.

“Pemerintah desa dan UPT 2 DLHK Balaraja harus segera turun tangan menyelesaikan permasalahan ini. Jangan sampai warga terus terpapar dampak negatif dari sampah yang tidak terkelola dengan baik,” tambahnya.

Ketidakpedulian terhadap permasalahan sampah ini dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan. Selain bau yang tidak sedap, tumpukan sampah dapat menjadi sarang penyakit dan pencemaran lingkungan.

Sampah yang berserakan sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan. Sampah yang dibuang secara sembarangan dapat mengundang berbagai jenis bakteri, virus dan parasit.

Dengan adanya berita ini diharapkan dapat menjadi perhatian serius bagi UPT 2 DLHK Balaraja dan Kades Tobat untuk segera mengambil langkah konkrit dalam mengatasi permasalahan sampah di Desa Tobat.

(Tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *