Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Melawi Launching Bantu Pangan Beras Tahun 2024 di Desa Labay Mandiri

0

KOPATAS.NEWS || Melawi, Kalbar – Pemerintah Kabupaten Melawi melaunching program Bantuan Pangan Beras beras pada Senin Selasa 6 Februari 2024 di Desa Labay Kecamatan Nanga Pinoh.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Syaiful Khair, S.Sos, M.Si., menyampaikan, Beras merupakan bahan pangan pokok bagi masyarakat Indonesia sehingga ketersediaan dan pendistribusian wajib terjamin. Pemerintah selalu berupaya menjaga agar pangan dapat selalu tercukupi. Menghadapi musim El Nino yang melanda berbagai wilayah di Indonesia menyebabkan keterlambatan pada musim tanam tahun 2023/2024.

” Hal ini memungkinkan menjadikan harga beras di tingkat masyarakat melambung. Antisipasi daya beli masyarakat terhadap bahan pangan pokok menjadi perhatian Pemerintah dengan berbagai macam bantuan kepada masyarakat. Sejak tahun 2023 program bantuan pangan diluncurkan dan dilanjutkan lagi pada tahun 2004. Program penyaluran bantuan pangan berperan dalam menjaga daya beli masyarakat yang rentan terdampak kenaikan harga pangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ungkap Syaiful, Pemerintah berupaya untuk menjaga daya beli masyarakat. Dengan adanya bantuan ini, masyarakat dibantu untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga diharapkan masih ada hal yang mereka bisa lakukan untuk belanja yang lain. Dengan penyaluran bantuan pangan ini, menopang daya beli masyarakat yang pada gilirannya kalau inflasi rendah, daya belinya bisa kuat, maka itu bisa menumbuhkan pertumbuhan ekonomi.

“Tujuan penyaluran Bantuan Pangan adalah untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sekaligus sebagai upaya pengentasan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen. Adapun Penerima Bantuan Pangan (PBP) di Kabupaten Melawi yang menerima bantuan ini pada Tahun 2024 berjumlah 15.682 PBP dimana Kuantum yang diterima 10 Kg/ PBP dari Bulan Januari sampai dengan Juni 2024”, jelasnya.

Lebih lanjut Syaiful menjelaskan, Adanya bantuan pangan beras ini juga turut andil sebagai salah satu upaya penurunan daerah rentan rawan pangan di 2023. Upaya pengentasan kemiskinan dan menjaga ketahanan pangan masyarakat menjadi program penting Pemerintah yang harus didukung semua stage holder sehingga tujuan negara menciptakan masyarakat yang adil makmur.

” Dengan ada bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bantuan ini dapat tersalurkan tepat sasaran,” pungkasnya.

( Lilik Hidayatullah )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *