Musrembang Tingkat Kecamatan, Willy Patria Menghimbau Kepada Pemerintah Desa Agar Usulan Masyarakat Diperhatikan

0

Kopatas.News || Kabupaten Tangerang – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 diselenggarakan di Gedung Pertemuan Kolam Renang Gajah, Jalan Baru, Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang. Dihadiri oleh Camat Balaraja Willy Patria. SE.M.Si, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang, Dr.Ahmad Farhan. S.Sos.M.M Perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang, AKP Badri Hasan Kapolsek Balaraja, Inf. Ali Maskuri Koramil 05 Balaraja Kodim 0510, dan kepala desa se-Kecamatan Balaraja. Senin, (29/01/2024).

Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tingkat Kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan, dan merupakan agenda tahunan dimana semua unsur saling bertemu mendiskusikan masalah yang dihadapi dan memutuskan prioritas pembangunan, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, melalui Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) dan Litbang (Penelitian dan Pengembangan), usulan masyarakat kemudian dikategorikan berdasarkan urusan dan alokasi anggaran.

Pembahasan utama dalam Musrembang kali ini adalah pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan kesejahteraan masyarakat yang merata, dan menegaskan hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrembang akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD.

Dalam sambutannya Camat Balaraja Willy Patria “Untuk pemerintah desa, saya mengimbau agar catatan yang sudah disampaikan oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dalam menjawab usulan bapak ibu semua agar benar-benar diperhatikan, khususnya terkait usulan infrastruktur dan peralatan yang diserahkan ke masyarakat. Untuk Infrastruktur harus ada dukungan kesediaan lahan yang dibuktikan dengan hak,” ungkap Willy.

Selain itu, lanjut Willy “Pihaknya juga mengusulkan beberapa program pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan keterampilan, bantuan modal usaha, dan pengembangan UMKM kami berharap dengan adanya program-program tersebut, dapat meningkatkan kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Balaraja,” pungkasnya.

Sementara Bappeda Kabupaten Tangerang Dr. Ahmad Farhan. S.Sos. MM, menjelaskan ‘Bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat kecamatan ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa/kelurahan, menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah “jelasnya

Lebih lanjut, Beberapa penyampaian terkait teknis pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2025 “Penguatan Daya Saing SDM, didukung Peningkatan Reformasi Birokrasi. Pembangunan tetap berlandaskan pelaksanaan, pencapaian dan keberlanjutan pembangunan tahun-tahun sebelumnya”

“Penguatan tata kelola pemerintahan dengan pelaksanaan reformasi birokrasi mulai dijadikan prioritas, selain tetap meneruskan pembangunan infrastruktur. Serta Penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan “Tutup Ahmad Farhan.

Melalui forum Musrenbang ini, semua unsur bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi, memberikan masukan, usulan-usulan atau saran, dan pendapat yang konstruktif bagi pembangunan di tahun 2025.

Hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang kecamatan ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Dimana telah ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD.

(tim-red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *