Dengan Tema “TNI – AD Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam Untuk NKRI” Kodim 0610/Smd Melakukn Karya Bakti Penanman Pohon

0

Kopatas.news || Sumedang – Bertempat di wilayah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang telah dilaksanakan kegiatan Karya bakti Penanaman Pohon dan Pembersihan Sampah wilayah Kodim 0610/Smd Tahun 2024 dengan tema “TNI -AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”, Senin(15/01/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rabu. M.Si.(Han) dan Unsur Forkopimda Kab. Sumedang, Dansat Brimob Polda Jabar diwakili, Pasi Ops Kodim 0610/Sumedang Kapten Arh Ateng Jaelani, Kabag Ops Polres Sumedang Kompol Aan Supriatna. S.AP, Danramil 1001 s.d 1015 Dim 0610/Sumedang, Kasat Sabara Polres Sumedang AKP Taupik, Camat Jatinangor Drs Hari Dewantara, Ka Cabang Dinas Kehutanan wilayah IX Dinas Kehutanan Prov Jawa Barat, Ka Dinas Hortikultura Prov Jawa Barat, Ka BPDAS Cimanuk Citanduy Prov Jawa Barat, Ka Dinas LH dan Kehutanan Kab. Sumedang, Ka Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kab. Sumedang, Relawan pecinta alam Saung Geulis, Ketua KB FKPPI, Ketua GM FKPPI, Ketua PPM, Orari dan masyarakat sekitar.

Lokasi kegiatan dibagi menjadi dua bagian, Penanaman pohon di lereng Gunung Geulis Dusun Jatiroke Rt 06 Rw 01 Desa Jatiroke KecamatanJatinangor Kabupaten Sumedang dan Pembersihan sampah di sungai Cibeusi-Cipacing Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Adapun jumlah dan jenis pohon yang ditanam sebanyak 2000 Pohon dengan jenis tanaman anataralain, Manggis 200 pohon, Lengkeng 200 pohon, Jambu Kristal 200 pohon, Jambu Air 200 pohon, Petay 200 pohon, Gamelina 400 pohon, Mahoni 300 pohon, Sengon 300 pohon.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si(Han), menyampaikan Luar biasa pada hari ini kita bisa berdiri di sini ini dalam keadaan sehat wal’afiat dalam rangka pelaksanaan penanaman pohon dan pembersihan sampah.

“Kita memiliki kewajiban untuk melaksanakan penghijauan karena penghijauan ini sangat penting bagi kepentingan kita dalam kehidupan sehari-hari dan kita adalah bagian dari alam, kalau Tahun kemarin kita kekeringan alhamduliah sekarang di musim penghujan ini sudah mulai menghijau”. Ucap Dandim.

Dalam kegiatan ini kita akan menanam pohon yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan untuk mengantisipasi longsor dan banjir, Selain penanaman pohon kita akan melaksanakan pembersihan sampah di sekitar bantaran sungai cibeusi -Cipacing Jatinangor

” Kami menghimbau dan mengajak kepada warga masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah sembarangan karena akan menimbulkan terjadinya banjir serta menimbulkan berbagai penyakit, karena disini saya lihat keasadaran masyarakat masih kurang untuk membuang sampah pada tempatnya” ajak Dandim

Dengan dilaksanakan penanaman pohon dilahan kritis diharapkan dapat dimanfaatkan dan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat dan untuk mengantisipasi terjadinya longsor dan banjir, serta Dengan dilaksanakannya pembersihan sampah untuk mengantisiapsi banjir dan terhindar dari berbagai penyakit. Pungkas Dandim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *