Ibadah Awal Masuk Bulan Rajab, Momentum Menyambut Rahmat dan Berkah Allah SWT

0

Kopatas.News || Kab. Tangerang – Bulan Rajab merupakan salah satu bulan haram dalam Islam, Bulan ini memiliki kedudukan yang istimewa di hadapan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, Dan Ramadhan adalah bulan umatku.” (HR. Ibnu Majah) Sabtu, 13/01/2024

Oleh karena itu, Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan Rajab, Salah satu ibadah yang dianjurkan adalah membaca doa awal bulan Rajab. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab Shahihnya.

Berikut adalah bacaan doa awal bulan Rajab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya:
Ya Allah, Berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, Dan juga sampaikan kami ke bulan Ramadhan.

Doa ini dapat dibaca pada malam pertama bulan Rajab atau pada hari-hari pertama bulan Rajab, Selain membaca doa, Umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah lainnya, Seperti:

  1. Puasa sunnah
    Shalat sunnah, Seperti salat tahajud, Shalat witir dan shalat istikharah
  2. Bersedekah
  3. Membaca Al-Qur’an
  4. Memperbanyak dzikir dan doa.
    Ibadah-ibadah tersebut dapat dilakukan secara mandiri atau berjamaah dengan memperbanyak ibadah di bulan Rajab, Umat Islam dapat meraih keberkahan dan rahmat Allah SWT.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap amal saleh yang dilakukan pada bulan Rajab akan dilipatgandakan pahalanya.” (HR. Abu Daud)

Oleh karena itu, Marilah kita sambut bulan Rajab dengan penuh kegembiraan dan semangat beribadah, Semoga Allah SWT menerima dan mengabulkan semua doa kita. Aamiin yaa robbal aalamiin.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *