Dinas PMD Rejang Lebong Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pemerintahan Desa di Kecamatan Sindang Kelingi

0

Kopatas.News || Rejang Lebong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) sembilan Desa di Kecamatan Sindang Kelingi Kamis, (11/01/2024)

Eliyanti.SH selaku Camat Sindang Kelingi membenarkan bahwa hari ini kita melakukan kegitan monev untuk sembilan desa yang berada di Kecamatan Sindang Kelingi. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan kegiatan fisik dan non fisik yang didanai melalui Dana Desa. Evaluasi dilakukan terhadap pelaporan terkait penggunaan dana tersebut guna memastikan penggunaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. kata eliyanti.SH

BACA JUGA :

Bapak Suradi Ripa’i.SP.MSI kepala Dinas PMD Rejang Lebong,memaparkan dalam giat Monev kita hari ini diharapkan bisa menjadi dampak perubahan baik dalam penyusunan SPJ, Pelaporan dan Penatausahaan Buku Administrasi Desa.dalam kegiatan ini Tim Monev dari Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong besama Tenaga Ahli di terima langsung oleh kepala desa beserta perangkat dan pendamping desa teluk bakau.

Kegiatan ini terfokus mengenai pemantauan pemanfaatan Dana Desa yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur maupun pengembangan perekonomian masyarakat.tujuan dari pelaksaaan monev tidak lain untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi Dana Desa. Sehingga secara keseluruhan penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan ucapnya.

Selanjutnya Pujo TA menyampaikan Adapun Monev Desa dilaksanakan guna untuk Kegiatan monitoring lebih (terfokus) pada kegiatan yang sedang dilaksanakan. Monitoring dilakukan dengan cara menggali untuk mendapatkan informasi secara regular berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang telah disepakati, Indikator monitoring mencakup esensi aktivitas dan target yang ditetapkan pada perencanaan program. Apabila monitoring dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya (sesuai pedoman dan perencanaan program) juga memberikan informasi kepada pengelola program apabila terjadi hambatan dan penyimpangan, serta sebagai masukan dalam melakukan evaluasi..

Selanjutnya Dana Desa di tahun 2024 untuk pengajuan tahap satu dimulai dari bulan Januari sampai Maret dan tahap Dua bulan April sampai Desember. tutupnya

(Asri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *