Gebrakan Baru Program Sibangbrang di Desa Cibitung

0

Kopatas.news | Sumedang, Buahdua ,
Pemerintah Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang dibawah kepemimpinan Camat Buahdua Herman Suwandi, S.Ip, M.Si terus berupaya mewujudkan Sumedang Beyond Simpati  melalui berbagai program dan kegiatan yang menyentuh langsung terhadap masyarakat.
Salah satu program yang terus dilaksanakan hingga ke pelosok  daerah yaitu Pamarentah Sareng Warga Ngawangun Silaturahmi Nguatkeun Kamandirian Lembur (Pasang Sangkur).

Pasang Sangkur kali ini adalah edisi Sibangbrang (Silih Bantuan Ngawangun Lembur Babarengan) . Program Sibangbrang adalah gebrakan baru dari Camat Buahdua, yakni kepanjangan dari program Pasang Sangkur.
“Program Sibangbrang adalah suatu program yang dicetuskan untuk lebih mempererat tali silaturahmi dengan warga, agar dapat bersentuhan langsung dengan kondisi segenap masyarakat yang ada di Kecamatan Buahdua ,” ujar Herman.
Untuk jadwal kegiatan kali ini dilaksanakan di Desa Cibitung, Kecamatan Buahdua, Jumat (22/12/2023).

Kegiatan diawali dengan kegiatan Jumsih (Jumat Bersih) di sepanjang jalan yanh ada Desa Cibitung, gang , solokan dan halam rumah warga terutama yang ada di pinggir jalan . Bersama Kepala Desa, perangkat, warga masyarakat dibantu jajaran Forkopimcam bersama sama membersihkan sampah dan rumput liar yang memenuhi bahu jalan.
Camat memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Cibitung Agus Setiawan, S.Sos yang telah mengajak warganya peduli lingkungan, memperhatikan kebersihan lingkungan di Desanya.
“Memasuki musim penghujan memang pertumbuhan rumput liar sangat cepat, dan itu sangat mengganggu kenyamanan dan keindahan lingkungan terutama di bahu jalan sepanjang jalan raya,” jelas Herman.
Pada kegiatan ini disediakan juga Pelayanan Kesehatan dari Puskesmas Buahdua yang dihadiri langsung oleh Kepala Puskesmas yang diwakili oleh ibu Tati Elasari, A,M.Keb, Pelayanan dari UPTB Peternakan drh Ari Nugraha , Pelayanan dari UPTD Pertanian yang dihadiri oleh Kasubag TU Edi Junaedi ,SP dan Dedeh Kuraesin, SP selaku Penyuluh Pertanian serta yang paling utama juga Pelayanan KK dan KTP yang dihadiri oleh PJ Kepala Seksi Pelayanan Publik Erwin Hendarwin, S, So, Kasi Trattib Lalan Surachman, S.Sos dan Dewi, SE selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Puskesmas adalah pemeriksaan dan pengobatan cuma cuma, dan dari UPTD Pertanian adalah pemberian obat dan pestisida, serta dari UPTB Peternakan berupa penyuntikan vaksin hewan peliharaan .

Setelah itu kegiatan Camat Buahdua didampingi Danramil Buahdua Letda CB Tri Setyo Utomo dan Kapolsek Buahdua yang diwakili Babinmas Desa Cibitung Aipda Tatang Suryana memberikan santunan kepada masyarakat miskin ekstrem sebanyak 5 KPM , Stunting dan Underweight 8 KPM. Mereka diberi motivasi untuk bisa produktif dan mandiri.
Pada kegiatan Pasang Sangkur edisi Sibangbrang akan tetap dilaksanakan satu kali dalam sepekan sebagai bentuk bersilaturahmi juga membangun kemandirian masyarakat. Dari hasil dialog tersebut, pihaknya banyak menyerap aspirasi dan harapan warga masyarakat setempat bagaimana meningkatkan tali silaturahmi. demikian pungkasnya.
(#YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *