Meningkatkan Sumber Daya Manusia Masyarakat MBD Telah Menjadi Prioritas Pemerintah Setempat

0

Maluku Barat Daya || Kopatas.news – Drs. Agustinus Lekwardai Kilikily, M.Si., Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD), memberi pesan, dalam acara Wisuda Sarjana Universitas Pattimura periode Desember 2023, digedung serbaguna Tiakur, di Wakarleli, Kec. Moa Lakor, Kabupaten MBD,Maluku Barat Senin (18/12/23)

Dalam kata sambutannya “Agustinus menyampaikan rasa syukur dan gembiranya, karena Wisuda ke -10 Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura, dilaksanakan di PSDKU Kabupaten MBD.
“Saya ingin mengajak kita sekalian untuk memanjatkan puji dan syukur atas Kasih NYA sehingga wisuda
ke 10 PSDKU Universitas Pattimura di Bumi Kalwedo, dapat terselenggara,” ujar Wabup MBD.

“Agustinus merasa bangga, karena putra putri terbaik MBD, telah berhasil menyelesaikan pendidikan mereka di Universitas Pattimura (Unpatti).

“Kita juga patut bersyukur, karena di hari ini, 26 Putra dan Putri terbaik Maluku Barat Daya telah menyelesaikan pendidikan mereka di Universitas Pattimura,” lanjut Agustinus.

“Ia mengungkapkan, bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Masyarakat MBD, menjadi prioritas Pemerintah sebagai pilar penting pembangunan Daerah.

“PSDKU Maluku Barat Daya, lahir dari tekad Pemkab MBD untuk memprioritaskan pengembangan SDM masyarakat. Karena percepatan pembangunan Daerah, sangat tergantung pada kwalitas Sumber Daya Manusia yang terampil dan terdidik,” katanya.

Ia menjelaskan, “Pemkab MBD berkomitmen dan terus mendorong hadirnya Perguruan Tinggi diwilayahnya. Berkat Sinergi dengan pihak Unpatti, akhirnya Kementerian Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi, memberikan mandat penyelenggaraan PSDKU di MBD.

“Berkat Sinergi yang baik dengan Rektor dan Civitas Akademika Unpatti, pada 13 April 2016, Kemenristekdikti memberikan mandat penyelengaraan 6 Program Studi PSDKU Universitas Pattimura di bumi Kalwedo,” jelasnya.

Adapun manfaat yang dirasakan oleh Pemkab dan Masyarakat MBD adalah sebagai berikut

  1. Akses pendidikan tinggi yang lebih mudah
  2. Peningkatan angka partisipasi pendidikan tinggi
  3. Penyediaan SDM berkualitas
  4. Multiplier Effect (efek ganda) Positif
  5. Pemberdayaan ekonomi lokal.

Diakhir pembicaraan Sebagai penutup, “Agustinus mengingatkan, dunia saat ini dihadapkan dengan perkembangan dan perubahan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang sangat cepat. Sebab itu, Ia berharap, generasi muda siap bersaing dengan berbagai aspek keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang mumpuni.

( Rls / Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *