Kapolres Metro Jakbar Gelar Ngopi Bareng: Wadahi Aspirasi Masyarakat di RW 17 Cengkareng Menjelang Pemilu 2024

0

Kopatas.news || Jakarta Barat , Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi, dan Polsek Cengkareng menyelenggarakan acara “Ngopi Bareng” pada Selasa, 28/11/2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh 3 Pilar, Ketua RT dan RW 17, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para Citra Bhayangkara di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, bertujuan sebagai wadah untuk menyerap aspirasi dan informasi dari masyarakat guna menjaga harkamtibmas.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi didampingi kapolsek Cengkareng Kompol Hasoloan Situmorang dan Danramil 04/CKR Mayor Arh. R. Triananto, menjelaskan bahwa acara ngopi bareng bukan hanya kegiatan santai, melainkan juga sebagai sarana untuk menyerap aspirasi dan informasi dari masyarakat guna menjaga harkamtibmas di wilayah Cengkareng.

“Saat ini telah memasuki masa inti Pemilu 2024. Wilayah Cengkareng dengan keberagaman suku, agama, dan adat istiadatnya, serta menjadi salah satu wilayah dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang cukup besar, dapat menimbulkan kerawanan Kamtibmas jika tidak dilakukan upaya antisipasi dengan baik,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan bahwa penting untuk menjaga kerukunan dalam keberagaman, terutama dalam menghadapi perbedaan pilihan politik.

“Tidak ada gunanya berseteru atau berkonflik karena perbedaan pilihan politik adalah hal biasa. Hal tersebut hanya akan merugikan warga sendiri,” tambahnya.

Ia menegaskan bahwa kontribusi setiap individu dalam menjaga kamtibmas sangat berarti untuk memelihara persatuan dan kondusifitas wilayah Cengkareng.

Syahduddi mengingatkan bahwa perbedaan pandangan politik tidak seharusnya menjadi sumber konflik, terutama mengingat pentingnya pesta demokrasi tahun 2024.

“Dengan adanya pesta demokrasi tahun 2024, sekecil apapun kontribusi warga menjaga kamtibmas sangat berarti untuk menjaga persatuan dan kondusifitas khususnya di wilayah Cengkareng Jakarta Barat ,” tegas Syahduddi.

Syahduddi berharap bersama stakeholder terkait mulai dari 3 Pilar, para Tokoh Agama/Masyarakat, Ketua RT/RW, serta Warga dapat melakukan langkah-langkah kreatif guna menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Langkah kreatif tersebut bisa berupa pemasangan kamera pemantau (CCTV), portal pembatasan keluar masuk lingkungan, dan pengaktifan Satuan Keamanan Lingkungan (Sat Kamling).

Agar warga dapat bekerjasama menjaga lingkungan dan memberikan informasi apabila ada potensi gangguan Kamtibmas agar segera ditangani.

Dalam acara ngopi bareng ini, turut hadir Camat Cengkareng H. Achmad Faqih, M.A.P., yang memberikan pesan-pesan terkait tahapan kampanye Pemilu 2024. Beliau menekankan bahwa berbeda pilihan politik adalah hal wajar dalam sistem demokrasi, dan seluruh elemen masyarakat wajib menjaga kondusifitas keamanan.

Pada masa Pemilu 2024, Camat Faqih juga mengingatkan akan adanya potensi curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan bencana banjir. Oleh karena itu, perlu adanya antisipasi dan kerjasama dari semua pihak untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Cengkareng.

Ngopi bareng Kapolres Jakbar diharapkan menjadi momentum positif dalam memperkuat hubungan antara aparat keamanan dan masyarakat, serta menjadi wahana untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah menjelang Pemilu 2024.

( Humas Polres Metro Jakarta Barat/Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *