Nihil Jaminan Keamanan, Gaza Hentikan Koordinasi dengan WHO

0

Kopatas.news || Gaza – Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza memutuskan tidak lagi akan berkoordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Keputusan tersebut dilakukan menyusul serangan dan penahanan terhadap staf medis dan pasien RS Al-Shifa.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Juru Bicara Kementerian Kesehatan di Gaza Dr. Ashraf Al-Qudra dalam konferensi pers, Kamis (23/11/2023). Dalam keterangan yang disiarkan Al Jazeera, ia menyatakan keterkejutannya karena konvoi evakuasi RS Al-Shifa dihentikan di pos pemeriksaan, Rabu (22/11/2023).

Baca juga :

Brigade Al-Qassam Menjelaskan Rincian Gencatan Senjata dan Perjanjian Pertukaran Tawanan

“Selama periode ini, pendudukan Israel melakukan kekerasan parah terhadap tim medis, yang terluka, yang sakit, dan orang-orang yang mendampingi mereka. Permasalahan tersebut diakhiri dengan ditangkapnya sejumlah tim medis yang dipimpin Direktur Komplek Medis Al-Shifa dr. Muhammad Abu Salmiya,” kata Al-Qudra.

Menurutnya, tim medis Al-Shifa dikelabui keyakinan bahwa keberadaan PBB dan timnya membuat evakuasi mereka aman. Al-Qudra menegaskan tanggung jawab keselamatan dan nyawa para petugas medis dan seluruh pasiennya kini sepenuhnya di tangan Israel.

“PBB bertanggung jawab penuh atas apa yang terjadi dan kami menunggu tindakan yang tepat dan mendesak dari pihak mereka untuk mengatasi hal ini. Kementerian Kesehatan memutuskan menghentikan koordinasi penuh dengan Organisasi Kesehatan Dunia mengenai masalah evakuasi sisa korban luka dan tim medis sampai laporan diserahkan yang menjelaskan apa yang terjadi dan pembebasan para tahanan secara menyeluruh,” kata Al-Qudra.
Sumber: RRI.CO.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *