Mencegah Stunting dan Kurang Gizi, Danramil 1001/Sumedang Utara Ajak Masyarakat Memberdayakan Gerakan Gemar Makan Ikan

0

Sumedang – Guna memenuhi
pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat, Danramil 1001/Sumedang utara Kodim 0610/Sumedang menghadiri kegiatan pemenuhan kebutuhan bahan baku konsumsi ikan di lokasi stunting

Hal tersebut, dikatakan Danramil 1001/Sumedang Utara Kapten Inf. Dede Baharudin dalam rilis tertulisnya kepada awak media, Rabu (08/03/2023).

Dikatakan Kapten Dede,bahwa kegiatan pemenuhan kebutuhan bahan baku konsumsi ikan dilokasi stunting ini dilaksanakan oleh dinas kelautan dan perikanan jawa barat, yang diselenggarakan di Aula Desa Sirnamulya Kecamatan Sumedang Utara kabupaten Sumedang.

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah melalui Dinas kelautan dan perikanan Provinsi jawa barat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam mengatasi Stunting di daerah rawan pangan.

Kepala Dinas kelautan dan perikanan provinsi jawa barat Ibu Herni Herdiani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa asupan gizi yang seimbang merupakan unsur yang sangat penting dalam peningkatan produktivitas nasional dan perbaikan kualitas hidup penduduk. Sehingga, dirinya mengajak kepada ibu hamil maupun ibu yang memiliki balita untuk memberdayakan makan ikan sejak dini.

“Budaya makan ikan perlu disosialisasikan dan diupayakan, sehingga nantinya bisa menjadi kebiasaan, terutama dalam menciptakan dan meningkatkan pola hidup sehat guna menekan terjadinya Stunting pada anak”, ucap Ibu Herni

Lebih lanjut nya dikatakan, dalam meningkatkan ketahanan pangan di era global, tidak dapat hanya bertumpu pada beras. Program pangan yang selalu terkonsentrasi pada beras akan menciptakan ketergantungan pada satu komoditi pangan pokok saja. Oleh karena itu, diverifikasi dengan meningkatkan keberagaman ketersediaan pangan, perlu selalu diupayakan.

“Kita juga perlu menyadarkan dan mengubah pola pikir masyarakat bahwa makan bukanlah sekedar makan nasi dan asal kenyang, melainkan harus ada keseimbangan gizi”, ujarnya.

Sementara itu, Danramil 1001/Sumedang Utara Kapten Inf. Dede Baharudin mengingatkan kepada masyarakat agar bersama-sama peduli dalam penyediaan makan sehat guna mewujudkan generasi di masa mendatang yang berkualitas, sehat, cerdas, dan sejahtera dengan memberdayakan gerakan gemar makan ikan.

“Kami berharap, dengan memberdayakan gerakan makan ikan harapannya, jangan sampai anak-anak kita, generasi emas nantinya mengalami permasalahan khususnya Stunting. Semoga kegiatan sosialisasi yang diberikan dapat memberi pemahaman kepada masyarakat luas dalam menurunkan angka Stunting di wilayah Kabupaten Sumedang khususnya di Wilayah Sumedang utara”, Pungkas Danramil.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antaralain, Kadis kelautan dan perikanan provinsi jabar Ibu Herni Herdiani, Kabid pembudidayaan ikan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan bpk Eri donari, Kadis perikanan dan peternakan Sumedang H. Nandang suparman S .sos, Kabid pembinaan mutu dan pengawasan perikanan ir Yosep s Ruhiat, Unsur Forkopimcam Sumedang Utara, Kapuskesmas Ibu Maya Rosmayanti,skm.m.m. (pendim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *