Tiga Rumah Tertimpa Rumpun Bambu, Danramil Tanjungsari Sigap Bantu Warganya

0

Kopatas.news | Sumedang,- Pasca hujan lebat yang disertai angin kencang mengakibatkan dua rumah warga tertimpa rumpun bambu
di Desa Genteng Kecamatan Sukasari.

Hal tersebut, dikatakan Danramil 1004/Tanjungsari Kapten Inf Agus Hermawan dalam rilis tertulisnya kepada awak media, Selasa (07/03/2023).

Dikatakan Kapten Agus, dua rumah yang terdampak diantaranya rumah milik, Emid (58) serta Dabah (65) yang beralamat di Dusun babakan loa RT 02/08, Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang.

“Atas adanya laporan, bahwa telah terjadi rumpun bambu yang tumbang dan menimpa rumah warga, kami dari Koramil bersama anggota langsung mendatangi tempat kejadian dan berkoordinasi dengan Pemdes, Bhabinkamtibmas, dan RT/RW setempat,” terangnya.

Bahkan, setelah melihat kondisi rumah warga tersebut mengajak masyarakat sekitar untuk melakukan gotong royong pembersihan dan pemotongan pohon bambu dengan peralatan golok dan gergaji.

“Kami mengecek langsung dan memantau rumah warga yang tertimpa reruntuhan pohon bambu serta menentukan langkah penanganan pasca terjadi pohon bambu tumbang,” ungkapnya.

“Selain itu, kami juga mengajak warga sekitar untuk melakukan evakuasi material pohon bambu secara gotong royong dengan peralatan seadanya seperti golok, kapak dan gergaji,” sambungnya pula.

Lebih lanjut, tidak ada korban saat terjadi pohon bambu tumbang, namun atap rumah rusak akibat terkena reruntuhan pohon bambu, hingga mengalami kerugian mencapai 40 juta rupiah dan untuk sementara korban kita ungsikan ke rumah keluarganya yang terdekat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan agar tetap waspada dan berhati-hati saat terjadi hujan deras, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta kerugian yang lebih besar dan apabila ada pohon pohon besar dekat rumah agar di potong saja agar aman ketika ada angin kencang dan hujan deras,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *