Edukasi Warga, Kapolres dan Kajari Subang Lakukan Silahturahmi dan ceramah Kamtibmas di Hadapan Warga Kelurahan Dangduer

0

KOPATAS.NEWS | SUBANG- Dalam rangka mencegah terjadinya kasus kejahatan, antara lain peredaran obat obatan terlarang, Kapolres Subang bersama Kajari Subang lakukan silahturahmi dan ceramah Kamtibmas kepada warga masyarakat di Kelurahan Dangdeur yang disampaikan malam hari , Selasa, 21 Pebrurari 2023 sekitar pukul 20.00 WIB, bertempat di Aula Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang.

BACA JUGA : https://kopatas.news/2023/02/22/kapolres-subang-berikan-ceramah-kamtibmas-di-smpn-3-pabuaran/

Giat tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Subang, AKBP Sumarni, S.I.K., S.H., M.H., bersama
Kajari Subang, didampingi oleh Kapolsek Subang, Kasat Binmas Polres Subang, Kasi Pidum Kejari Subang, Kasi Intel Kejari Subang,
Kasi Propam Polres Subang, KBO Sat Lantas Polres Subang, Camat Subang diwakili Sekmat, Danramil Subang, Panit Binmas Polsek Subang, Lurah Dangdeur dan jajaran, Bhabinkamtibmas Kelurahan Dangdeur, Babinsa Dangdeur, Para ketua RT dan RW se Kelurahan Dangdeur, Ketua LPM Dangdeur, Ketua FKPM Dangdeur bersinar berikut anggota, Ketua forum RW, beserta Ketua Karangtaruna Kel Dangdeur.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Lurah Dangdeur,
dan Ketua FKPM Dangdeur bersinar.

Memasuki acara inti dalam ceramah Kamtibmas Kapolres Subang, AKBP Sumarni mengatakan bahwa malam hari ini Kapolres Subang beserta jajaran, dan Kajari Subang beserta jajaran sengaja hadir datang kesini untuk bersilaturahmi dengan bapak ibu sekalian sekaligus ingin berkomunikasi dan memberikan motivasi, karena kita berharap seluruh warga masyarakat ini bisa tertib, patuh hukum dan sadar hukum, sehingga tidak menjadi pelaku maupun korban dari tindak kejahatan.

Bahwa dari bulan januri sampai dengan februari jajaran polres subang mengungkap 17 kasus peredaran narkoba
Dan sediaan farmasi. untuk itu kami perlu bantuan dari masyarakat semua agar juga turut menginformasikan jika menemukan adanya warga yang menjual atau mengedarkan Narkoba di lingkungan tempat tinggal Bapak Ibu, bisa hubungi kami ke 110 ataupun Polsek terdekat atau bisa langsung melalui nomer pribadi saya yang tercantum di IG Polres Subang

Saya minta bantuannya kepada forum RT/RW ataupun kepada seluruh masyarakat agar peduli dan wasapada jangan sampai kita cuek terhadap lingkungan sekitar terkait situasi kamtibmas. Tingkatkan aktifitas Satkamling dan kebali warga di lingkungan masing masing apa yang dikerjakan sehari hari.

Kami juga mengingatkan kepada bapak ibu terkait banyak nya kasus pelecehan ataupun kekerasan seksual yang korbannya rata rata anak dibawah umur, jadi tolong bapa ibu lakukan pengawasan yang ketat kepada anak anaknya. Jangan sampai juga malah bapak bapak sebagai pelakunya. Hindari menonton konten konten porno.

BACA JUGA : https://kopatas.news/2023/02/20/tekan-peredaran-narkoba-dikalangan-pelajar-kbo-sat-narkoba-polres-subang-gelar-giat-p4gn-di-smpn-1-subang/

Ditahun politik saya juga mengingatkan kepada bapak ibu untuk tetap menjaga soliditas dan persatuan kesataun, jangan sampai hanya karena berbeda pilihan, berbeda partai, beda simpatisan malah menjadi pemicu perpecahan warga di rt/rw di kelurahan ini. Hati hati karena warga indonesia ini mudah sekali terprovokasi, baik melalui media sosial ataupun melalui dunia nyata, jangan sampai kita terlibat hal hal yang melanggar hukum karena kita yang akan rugi. Gunakan medsos dengan bijak, jangan menyebarkan berita hate speech, berita hoax atau berita yang kita belum tahu jelas kebenarannta
Silahkan memilih siapa yang akan dipilih tetapi jangan sampai golput.

Saya ucapkan terimakasih kepada temen temen di Kel. Dangdeur karena Satkamling nya sudah jalan, dan tolong agar dijaga, jangan sampai ramai hanya ketika ada lomba saja.

Minggu ini kami sedang melaksanakan operasi jaran lodaya 2023 dengan sasaran target pelaku curanmor, lindungi diri sendiri dan peduli jangan sampai kita teledor pada saat parkir motor di malam hari, ujar Sumarni.

Dilanjutkan oleh Kajari Subang, juga menyampaikan dalam kesempatan tersebut dengan mengatakan bahwa saya ingin memperkenalkan diri disini, saya baru menjabat sebagai Kajari subang.

Apa yang dilakukan oleh ibu Kapolres ini merupakan langkah yang cukup baik dan tepat, karena jarang saya temukan kapolres blusukan untuk bertemu dengan warga langsung menghimbau kepada masyarakat secara langsung dalam mengingatkan kesadaran hukum dan pengetahuan hukum.
Kita sebagai masyarakat saat ini dinegara ini kita dikelilingi oleh peraturan perundang undangan.
Rt dan Rw merupakan lapisan terbawah yang memiliki peranan sangat penting untuk mencegah terjadinya tindak pidana itu sendiri, pungkas Kajari dalam ceramah Kamtibmas nya. Di Kejaksaan Negeri Subang juga menyediakan layanan konsultasi hukum gratis, silahkan bagi warga yang ingin berkonsultasi hukum bisa datang ke Kejari Subang.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dalam suasana yang penuh dengan ramah tamah. Masalah yang ditanyakan seputar Kamtibmas yang ditanyakan ke Kapolres, antara lain meminta patroli polisi lebih sering di daerah Dangdeur karena masih adanya anak anak yang minum minuman keras dan menggunakan motor dengan suara brisik, juga ada pertanyaan bagaimana mencegah terjadinya kekerasan seksual serta pertanyaan yang ditujukan kepada Kajari Subang tentang hukum nikah sirih jika istri belum memberikan ijin padahal perempuan yang dinikahi sudah terlanjur hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *