Kodim 0613/Ciamis Peringati Israq Mi’raj dan Laksanakan Istiqhosah bersama Forkopimda,Prajurit TNI,Polri & Masyarakat.

0

Kopatas.news | Ciamis – Kodim 0613/Ciamis bersama Forkopimda Kabupaten Ciamis melaksanakan istighosah qurbo untuk Cianjur bangkit pasca musibah bencana alam. Istighosah ini digelar di Masjid Baiturrahmah Walmalhamah Makodim 0613/Ciamis Jalan Jend. A. Yani No.138, Kertasari, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Minggu pagi (19/2/2023).

Kegiatan istighosah ini dilaksanakan secara serentak dari Masjid Agung Cianjur dan disiarkan secara video conference oleh seluruh jajaran se-Indonesia. Acara yang digelar secara terpusat itu dihadiri oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C). KH., Ma’ruf Amin, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, SE., M.M., dan Ketua MUI Pusat, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si., dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Sementara itu pelaksanaan Istighosah Qubro di tingkat Kodim 0613/Ciamis diikuti oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., Asda II Setda Kabupaten Ciamis Aep Saepulloh, Kabag Log Polres Ciamis Kompol Erisyadi Kusnadi, dan pada tokoh agama serta para Jajaran Kodim 0613/Ciamis.

Dandim 0613/Ciamis Lektol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.P., menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI AD. Mulai dari tingkat Kodam hingga Kodim di seluruh Indonesia.

“Kami melaksanakan istighosah ini dalam rangka untuk mendoakan kegiatan yang dilaksanakan untuk pembangunan di Cianjur berjalan lancar. Sehingga masyarakat Cianjur segera pulih dan bangkit,” kata Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Tak hanya itu, selama penanganan kebencanaan Gempa Bumi yang melanda wilayah Cianjur, jajaran Kodim 0613/Ciamis juga telah berperan serta membantu korban terdampak. Baik masyarakat umum maupun anggota TNI AD yang terdampak.

“Sebelumnya kami juga sudah melaksanakan pengiriman anggota melakukan evakuasi korban dan penyaluran bantuan sembako dan baju dan keperluan anak bayi dan sebagainya,” ucap Dandim 0613/Ciamis Lektol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Sementara itu, dalam video conference yang disiarkan secara langsung dari Masjid Agung Cianjur, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, SE., M.M., menyampaikan, momentum isra mi’raj merupakan perjalanan spritual luar biasa. Puncak adalah pertemuan Rasul dan Allah untuk mendapatkan perintah tentang sholat.

“Pelajaran dan ketauladanan tentang perintah dan kepedulian pemimpin dengan anak buah. Ini dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketqwaan dan mengimplementasi dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Kasad menambahkan, TNI AD harus berada ditengah-tengah kesulitan dan menjadi solusi Rakyat. “Ini merupakan sinergitas TNI Ulama dan Komponen Bangsa. Saya sampaikan bahwa AD harus berada ditengah tengah kesulitan masyarakat dan harus menjadi solusi Rakyat karena Rakyat adalah Ibu Kandung TNI AD,” kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Tak hanya pelaksanaan istighosah bersama, Jajaran Kodim 0613/Ciamis juga melaksanakan kegiatan sholat subuh berjamaah, pengajian dan pembagian paket sembako. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian TNI kepada Rakyat.(Pendim 0613/Ciamis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *