Dandim Sumedang : Ketahanan Pangan Bengaruh Penting Terhadap Keamanan Sumedang

0

Kopas news | Sumedang,- Ketahan Pangan sangat penting dalam mendukung pertahanan keamanan. Bukan hanya sebagai komoditi ekonomi, pangan juga merupakan komoditi yang memiliki fungsi sosial dan politik, baik nasional maupun global. Untuk itulah ketahanan pangan mempunyai pengaruh yang penting terhadap keamanan.

Hal tersebut dikatakan Dandim 0610/Smd Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti dalam sambutannya pada acara panen jagung hibrida di lahan demplot Kodim 0610/Sumedang. Rabu (8/2/2023).

Dandim menyampaikan ketersediaan pangan yang cukup di suatu wilayah, merupakan salah satu faktor penunjang guna menciptakan situasi kondusif karena daya beli masyarakat akan terjangkau dan perekonomian lokal akan terus tumbuh.

“Pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia untuk dapat mempertahankan hidup. Kecukupan pangan merupakan hak azasi yang layak dipenuhi,” ujarnya.

“Oleh karenanya, guna menindaklanjuti perintah dari pimpinan TNI bahwa kami, khususnya Kodim 0610/Smd akan selalu mendorong terwujudnya ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Sumedang ini,” tegasnya.

Dijelaskan Letkol Rangkuti, bahwa patut kita syukuri, bahwa wilayah Sumedang memiliki kultur tanah yang subur, sehingga komoditas tanaman yang kita inginkan dapat mudah ditanami dan di panen.

“Namun, dengan potensi wilayah itu, tetap dibutuhkan kerja keras, keuletan dan kesabaran dalam mengelola pertanian dan perkebunan,” ucapnya.

“Seperti lahan jagung hibrida yang kita panen hari ini. Membuktikan bahwa tanpa adanya pengorbanan tentu hasil tidak akan maksimal,” terangnya.

Dirinya menjelaskan bahwa awalnya lahan demplot pertanian Kodik 0610/Smd merupakan lahan bekas galian pasir, dimana kultur tanahnya sebagian besar mengandung bebatuan.

“Namun karena diolah dengan baik, dengan teknik, dipupuk dan dirawat dengan hati maka hasilnya dapat kita lihat seperti hari ini. Ini semua berkat kerja keras para kelompok tani binaan Kodim,” tambahnya.

“Alhamdulilah dan terima kasih saya ucapkan kepada kelompok tani binaan Kodim, semoga kedepannya kebutuhan akan pangan di wilayah Sumedang ini akan tercukupi dengan baik, sehingga kita tidak tergantung kepada wilayah lainnya,” tandasnya.

Selain panen jagung hibrida, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian sembako kepada kelompok tani dan santunan anak yatim piatu.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya
Danyon Raider 301/Pks, Pasipuanter Korem 062/Tn, Kepala Dinas Pertanian, unsur Forkopimcam, para Danramil, Persit KCK Cabang XXI Koorcabrem 062 serta tokoh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *