MAD di Matuari Kecamatan Belimbing Dalam Transformasi UPK Eks PNPM menjadi BUMDES Bersama

Kopatas.news, Melawi (Kalbar) – Forum BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kabupaten Melawi melaksanakan musyawarah Musyawarah Desa (MAD) pembentukan Pengelola Dana Bergulir Masyarakat Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakaat Mandiri Perdesaan menjadi BUM Desa Bersama (BUMDESMA) yang diselenggarakan di Matuari kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi (15/12/2022).

Agenda Musyawarah Antar Desa(MAD), dihadiri oleh beserta Perangkat Desa, Pengurus LPM, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua BUMDes,Tokoh Masyarakat, Perwakilan Kelompok SPP, Perwkilan RTM, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Ketua BPP dan Ketua UPK Kecamatan Belimbing, Dinas PMD Kabupaten Bidang LKDA dan UEM.

Pelaksanaan MAD dipimpin oleh ketua BKAD Kabupaten Melawi (Kries Sukamto,S.pd.) dengan agenda yang dibahas yakni terkait pemaparan Kegiatannya, Musyawarah Antar Desa ( MAD). Pemaparan Permendes no 15 Tahun 2021 tentang Transpormasi oleh Tenaga ahli Kabupaten Melawi (Abdul kadir SP), Pemaparan PP no. 11 Th 2021 dan penyertaan modal Ds oleh Kabid Pemberdayaan dan Pembangunan DPMD Kabupaten Melawi, Zullkipli S sos, MSi, Pimpinan rapat (pimpinan sidang) pak Kries dengan semangat, setia, penuh perjuangan mendampingi UPK sebagai pengelola DBM 11 Kecamatan di Kabupaten Melawi Kalimantan Barat, demi peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Melawi.

Dengan maksud dan tujuan dilaksanakannya Musyawarah Antar Desa (MAD), pembahasan persetujuan dari peserta Musyawarah Antar Desa(MAD) terkait transformasi UPK menjadi BUMDESMA di Kecamatan Belimbing, serta pembahasan dan penyepakatan penyertaan modal Desa yang dialokasikan dari Dana Desa pada Perubahan APB Desa Tahun 2023.Acara dilanjutkan dengan pemaparan terkait BUMDESMA oleh Pendamping Desa serta dan pemaparan tentang UPK dari Ketua UPK. Pada kesempatan ini diberikan arahan dan pemaparan materi pembentukan Pengelola Dana Bergulir Masyarakat Eks PNPM Mandiri menjadi BUM Desa Bersama.

Dalam musyawarah yang dilaksanakan dihadri pula Delegasi Desa Se-kecamatan Belimbing dalam Musyawarah Antar Desa.Musyawah berjalan dengan lancar dan menyepakati bersama sesuai agenda yang telah dibahas yang dituangkan dalam Berita Acara Musyawarah Antar Desa(MAD).

Penulis : M.Akbariyansyah/Akbar

Editor : Erik.P

71 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: