Palang Merah Indonesia Kabupaten Melawi Gelar Vaksinasi Covid – 19 Dosis 1, 2 dan 3 Untuk Masyarakat

KOPATAS.NEWS || Melawi, Kalbar – Masyarakat antusias mengikuti vaksin 1 dan 2 serta 3 ( Booster ) yang digelar di Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan PMI Pusat, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), United States Agency for International Development (USAID), PMI Provinsi Kalimantan Barat Dan Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi yang dilaksanakan di Kantor Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Rabu ( 23/11/2022 ).

Ketua PMI Kabupaten Melawi, Hj Nurbetty Eka Mulyastri mengatakan, kegiatan ini bentuk dukungan PMI terhadap pemerintah dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Dimana dengan Vaksin dan penerapan Prokes yang ketat menjadi kunci dalam mencegah penularan setiap ada varian baru Covid-19.

” Meskipun lonjakan kasus Covid – 19 telah kita lewati, namun saat ini tugas besar kita untuk menjaga agar tidak ada lagi lonjakan kasus. Tentunya dengan cara vaksin dan penerapan Prokes paling efektif untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan,” tuturnya.

BACA JUGA : https://kopatas.news/2022/11/22/dpd-garnita-malahayati-nasdem-melawi-gelar-baksos-pemberian-makanan-tambahan-untuk-balita-dan-ibu-hamil/

Hj Nurbetty Eka Mulyastri, lebih lanjut mengatakan, PMI selalu berkomitmen dalam upaya membantu pemerintah untuk membebaskan Indonesia dari pandemi. Vaksinasi disertai disiplin 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak), dan penguatan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) .

” Vaksinasi adalah salah satu langkah penting untuk membuka kesempatan kita dalam melindungi kesehatan, membangkitkan produktivitas, dan mengakhiri pandemi ini”, ungkapnya.

Sementara itu dr. Muh Syahrimal Ishak perwakilan Palang Merah Indonesia Pusat yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, tujuan Vaksinasi yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia ini untuk membantu pemerintah dalam peningkatan pencakupan pencapaian vaksinasi Covid 19 kepada masyarakat.

” Untuk saat ini PMI fokus memberikan peningkatan pencapaian vaksinasi dosis 2 dan 3 ( Boster ) karena saat ini masih dalam Pandemi dan kasus – kasus Covid itu masih ada”, jelasnya.

Lebih lanjut ungkap dr.Muh Syahrimal Ishak, saat ini yang perlu dilakukan semaksimal mungkin selain penerapan protokol kesehatan adalah dengan melakukan Vaksinasi Covid – 19. Vaksinasi ini adalah untuk melindungi terutama untuk masyarakat yang rentan sakit terutama kepada masyarakat lanjut usia. Selain itu seperti yang kita ketahui bersama saat ini ada Covid varian Omicron XBB.

” Agar terhindar dari Covid varian Omicron XBB masyarakat harus mengedepankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan pakai masker, dan melakukan testing apabila mengalami tanda dan gejala COVID-19. Selain itu juga menyegerakan vaksinasi COVID-19 untuk meningkatkan proteksi terhadap COVID-19. Segera lakukan booster bagi yang belum, untuk mengurangi kesakitan dan kematian akibat COVID-19,” tegasnya mengakhiri.

( Akbar – Kaperwil Kalbar )

5 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: