DPD SPRI Lampung Laksanakan Diklat Jurnalis

KOPATAS.NEWS || BANDAR LAMPUNG – Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) selalu konsisten dengan program kerjanya untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas jurnalis / wartawan

yang menjadi pengurus dan anggota di setiap provinsi dan kabupaten secara berkelanjutan.
Mengacu pada hal tersebut, Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) Provinsi melaksanakan Pendidikan Kilat (Diklat) Jurnalistik Untuk Wartawan Muda Reporter di Sekretariat DPD SPRI Lampung,

Sabtu (19/11/2022) lalu.
Kegiatan yang diikuti wartawan muda reporter dari berbagai daerah di Provinsi Lampung dibuka secara resmi oleh Ketua DPD SPRI Lampung, Dewi Martha Soetrasno, SE.
Dalam kata pembukanya, Ketua DPD SPRI Lampung meminta kepada peserta untuk sungguh-sungguh menyimak apa yang akan disampaikan para pengisi materi.
“Saya harap peserta menyimak dengan sungguh-sungguh materi yang nanti disampaikan para tutor,karena selain sebagai ajang penambah wawasan tentang jurnalitik, pelatihan ini juga akan menjadi titik awal untuk menuju mempersiapkan diri menuju Serifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) oleh LSP Pers Indonesia, dan nantinya akan terakreditasi BNSP,” ujar dia.

Masih menurut Dewi Martha, sejauh ini DPD SPRI Lampung sudah tiga kali melaksanakan diklat jurnalis untuk tingkat wartawan muda reporter dimana program ini menjadi agenda rutin DPD SPRI dan akan dilaksanakan di setiap kabupaten.
Salah seorang pengiri materi pelatihan yang telah sertifikat kompeten dari BNSP, Zainal Arifin yang juga Wakil Ketua DPD SPRI Lampung, menyampaikan perlunya perencanaan dan persiapan dalam sebelum melaksanakan peliputan sebuah berita.
“Persiapkan diri dalam peliputan, jangan sampai saat sedang meliput kita justru bingung dan terkendala dengan hal-hal yang akan mengganggu tugas kita dalam memburu informasi yang akurat untuk masyarakat,” ucap dia.

BACA JUGA : https://kopatas.news/2022/11/19/patroli-sar-sat-brimob-polda-jabar-cek-keadaan-sungai-desa-cibogo-lembang-di-masa-penghujan-antisipasi-luapan-sungai/

Sementara, Sekretaris DPD SPRI Lampung, Andi. M Nurdin S.Kom, yang juga bertindak sebagai pemateri menekankan pada tekhnik penulisan berita yang baik dan benar sesuai kaidah-kaidah jurnalitik.


“Wartawan adalah orang-orang cerdas, professional dan penuh dengan kreatifitas. Sebagai seorang wartawan tentunya harus memiliki kemampuan menyajikan sebuah berita yang akurat, tersusun dengan apik kosakatanya, serta data yang berimbang. Oleh karenanya diperlukan tekhnik yang baik untuk menghasilkan sebuah karya jurnalis yang baik,” kata dia.
Pmpinan Umum Media Faktual Hukum, Agus Tio, SmHK, SE yang menjadi salah seorang peserta mengatakan kegiatan seperti ini harus lebih ditingkatkan dan diperbanyak karena para wartawan muda reporter akan semakin baik jika sering mendapat ilmu pengetahuan dalam semua hal terkait dengan tugasnya sebagai seorang wartawan.
“Saya sangat mendukung diklat jurnalis seperti ini, selain sebagai modal utama para jurnalis pemula unmtuk dapat meningkatan kemampuannnya pada level yang lebih baiak. Kita berharap setelah dilkat tingkat dasar ini, dilanjutkan dengan tingkat selanjutnya yaitu madya dan utama,” ujar Agustio.

(S A/Suc.M.)

5 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: