Maknai Sumpah Pemuda, Konsil Kesmas KTKI Lakukan Penguatan Nakes

KOPATAS.NEWS II JAKARTA – Semangat Konsil Kesehatan Masyarakat. Bukankah dengan bersatu kita akan menjadi bangsa yang lebih tangguh? Konsil Kesehatan Masyarakat, sebagai salah satu dari 11 Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) sebagai lembaga yang melaksanakan tugas secara independent telah mengadakan kegiatan diskusi bersama 4 pengurus organisasi profesi untuk “duduk” bersama, membangun kebersamaan lebih erat “Bersatu Bangun Bangsa” di momen Hari Sumpah Pemuda ke-94, 28 Oktober 2022.
Agenda pertemuan yang dilaksanakan mengunggah tema semangat Sumpah Pemuda ‘kerjasama, persatuan dan kesatuan, cinta damai, serta tanggung jawab’ tersebut adalah kegiatan Identifikasi Penguatan Keprofesian, Standarisasi, dan Registrasi Tenaga Kesehatan di Konsil Kesehatan Masyarakat.

“Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan di bidang kesehatan, dibutuhkan Tenaga Kesehatan yang kompeten dan berdedikasi dalam jumlah dan sebaran untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya mencapai pembangunan kesehatan yang optimal,” kata Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia tahun 2014-2022, Dr. dr. Trihono, M.Sc di Jakarta, Jumat (28/10/2022).
Untuk mendukung keberhasilan dari program Konsil masing-masing Tenaga Kesehatan, saat acara angkat sumpah Konsil KTKI pada tanggal 7 September 2022, Menteri Kesehatan mengingatkan perlu adanya jalinan KOMUNIKASI, TRANSPARAN, KOLABORASI dan INTEGRITAS antara Konsil Masing-masing Tenaga Kesehatan dengan Kementerian Kesehatan.

“Hal itu untuk menyatukan presepsi guna membantu keberhasilan dari setiap program tenaga kesehatan yang akan dilaksanakan,” terang Wakil Ketua Konsil Kesmas KTKI Rachma Fitriati.
Dr.Riswahyuni Widhawati yang biasa dipanggil dokcan Riris, sebagai Kadiv Keprofesian menyampaikan bahwa konsil masing – masing Tenaga Kesehatan mempunyai fungsi pengaturan, penetapan, dan pembinaan Tenaga Kesehatan dalam menjalankan praktik Tenaga Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.
“Hal itu adalah salah satu perwujudan dari tugas Konsil Kesehatan yang mempunyai fungsi sebagai koordinator konsil masing-masing tenaga Kesehatan yaitu memfasilitasi dukungan pelaksanaan tugas konsil masing-masing tenaga Kesehatan, melakukan evaluasi tugas konsil masing-masing tenaga Kesehatan, membina dan mengawasi konsil masing-masing tenaga Kesehatan membantu untuk melakukan registrasi tenaga kesehatan”,ujarnya.

Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia juga mempunyai tanggung jawab dalam menyusun standar nasional pendidikan tenaga kesehatan, menyusun standar praktik dan standar kompetensi tenaga kesehatan, dan melakukan pembinaan Tenaga Kesehatan.
Sementara itu, Husein Habsyi selaku Ketua Konsil Kesehatan Masyarakat (Kesmas) KTKI, menambahkan bahwa sebagai upaya mempertahankan dan meningkatkan kompetensi Tenaga Kesehatan maka dibutuhkan peran Pemerintah dan pihak terkait yang mendedikasikan diri di bidang Kesehatan yaitu Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia.
Sebagai informasi, berdasarkan Kepres Nomor 31/M Tahun 2022 tentang Pengangkatan Keanggotaan Konsil Masing-Masing Tenaga Kesehatan, Konsil Kesehatan Masyarakat KTKI terdiri dari:
Ketua Konsil: Husein Habsyi, SKM, MHComm.
Wakil Ketua Konsil: Dr. Rachma Fitriati, M.Si, M.Si (Han).
Ketua Divisi Registrasi Konsil, Hidayati, SKM, MKM.
Ketua Divisi Standarisasi Konsil: Ayu Anggraeni Dyah Purbasari, SKM, MPH.
Ketua Divisi Keprofesian Konsil Dr. Riswahyuni Widhawati, M.Si.
Validator e-STR Konsil: Baequni, SKM, MKes, PhD.
Anggota Konsil: Andi Sari Bunga Untung, SKM, MSc.PH.
Anggota Konsil: Dr. Cicilia Widiyaningsih, SMIP, SKM, MKes.
Anggota Konsil: Agung Surya Irawan, SKM, MKKK.
Anggota Konsil: Dr. Muhammad Ikhtiar, SKM, MKes.
Terdapat 4 unsur Organisasi Profesi di Konsil Kesehatan Masyarakat KTKI, yaitu: (1) IAKMI (ahli kesehatan masyarakat) dengan Ketua Dr. Ede Surya Darmawan, S.K.M., M.D.M., (2) PAEI (epidemiolog kesehatan) dengan Ketua DR. Dr. Hariadi Wibisono, MPH , (3) PPPKMI (tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku) dengan Ketua Dr. dra.Rita Damayanti , MSPH, dan (4) PAKKI (pembimbing kesehatan kerja) dengan Ketua Dr. Hendra, S.K.M., M.K.K.K..

“Dengan semangat SUMPAH PEMUDA, maka dukungan 4 Organisasi Profesi Kesehatan Masyarakat menjadi tonggak perubahan yang dapat membawa Indonesia bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19 dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan tenaga kesehatan masyarakat di seluruh lapisan Indonesia,” kata Husein Habsyi.
Mengacu Pesan Presiden RI, kata Husein, bahwa persatuan harus terus diperjuangkan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi, serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.
Di akhir pembicaraan Dokcan Riris menyampaikan, “Konsil Kesmas sebagai salah satu bagian dari KTKI siap bergandengan tangan lebih erat, menebarkan semangat merapatkan barisan bersama 4 organisasi Profesi Kesmas yang lain. Dan dengan pertolongan Tuhan YME melanjutkan perjuangan dalam mewujudkan persatuan bangsa dan negara Indonesia, bekerja sama, berkolaborasi membangun Indonesia secara adil dan merata, membangun Indonesia dari pinggiran, desa, pulau terdepan, hingga perbatasan,” pungkasnya.

(DOKCAN RIRIS)

Publisher : ALDI A

5 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: