Lapas Sintang Operasikan Mesin X-Ray Untuk Pengamanan Ketat Barang Bawaan Keluarga Napi

kopatas.news

Sintang, Kalbar – Lapas Sintang mulai operasikan mesin X-Ray ini untuk seluruh makanan/barang titipan yang masuk di Area Lapas Sintang. Pengamanan Pintu Utama (P2U) di Lapas Kelas IIB Sintang, terbantu dengan adanya mesin X-Ray ini mulai berfungsi hari ini sabtu 23 Juli 2022.

Sebanyak 3 (tiga) orang petugas diperbantukan untuk mengoperasikan mesin X-Ray ini. Dari ketiga orang tersebut sudah mendapatkan pelatihan dan sosialisasi dari teknisi yang didatangkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Dalam mekanismenya, petugas Pintu utama memasukkan makanan/barang titipan ke dalam mesin X-Ray, setelah itu petugas operasional mesin X-Ray mengecek makanan/barang tersebut melalui monitor, jika ada barang/makanan yang mencurigakan, petugas operasional mesin X-Ray akan memberitahu kepada petugas Pintu Utama, untuk melakukan pemeriksaan secara terperinci, agar barang-barang terlarang bisa dideteksi sedini mungkin untuk masuk ke Area Lapas Sintang.

Kalapas Sintang Syech Walid mengatakan bahwa mesin X-ray ini sebagai detector yang digunakan untuk mendeteksi secara visual semua barang bawaan oleh pengunjung. Mesin ini sangat mempermudah petugas dalam mengawasi barang bawaan yang ingin dititipkan kepada sanak saudara yang ada di Lapas Sintang.

” Dari pengalaman di lapangan sering terjadi dari barang titipan pengunjung seringkali dimasukkan barang terlarang seperti Narkoba. Seperti yang diketahui pada 23 Desember 2021 lalu petugas Lapas Sintang berhasil menggagalkan 5 Paket diduga sabu didalam botol kecap yang berisikan tisu yang terbalut oleh plastik hitam”, ungkapnya.

Syech Walid, juga berharap dengan adanya mesin X-Ray ini dapat memperkuat pengamanan serta mencegah peredaran narkoba.

” Semoga dengan adanya mesin X-Ray ini kita dapat memberantas peredaran narkoba sehingga dilingkungan Lapas bebas narkoba “, pungkasnya.

( */Lilik Hidayatullah )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: