Kasat Binmas Polres Melawi Hadiri Dialog Demokrasi Yang Digelar Ikatan Warga Katab Kebahan Melawi

kopatas.news

Melawi, Kalbar – Ikatan Warga Katab Kebahan Kabupaten Melawi menggelar dialog demokrasi bersama (Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda ( OKP ) di seketariat IWKK Jalan Pinoh-Kota Baru Km. 3 Kecamatan Nanga Pinoh pada Senin, (18/07/22).

Dialog Demokrasi ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi Pemilu Tahun 2024 mendatang dan menciptakan pemilu yang aman dan damai di Kabupaten Melawi.

Dalam Dialog Demokrasi tersebut mengangkat tema “Peran Strategis Masyarakat Adat dalam Berdemokrasi” dan dihadiri sejumlah OKP di Kabupaten Melawi.

Hadir dalam diskusi yang digelar oleh Ikatan Warga Katab Kebahan (IWKK) Kabupaten Melawi tersebut antara lain Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo, S.Pd.I., Ketua harian Ikatan Warga Katab Kebahan (IWKK), Muhammad Yusli, Ketua Pemuda Muhammadiyah, Ilhamsyah, Ketua GMNI Melawi, Ihsan, Perwakilan HMI, Adi Darmayanto, Teras Diskusi Riak Ngarai, Ade Gunawan dan Perwakilan Barapati InsKetua Barisan Pemuda Katab Kebahan (Bekaban) Kabupaten Melawi, Heri irawan, S.P., menyampaikan, Bekaban ini merupakan salah satu organisasi sayap Ikatan Warga Katab Kebahan ( IWKK ). Dimana Bekaban ini yang awal mulanya berdiri gerak dalam kegiatan sosial.

” Jadi Bekaban bukan sebuah organisasi yang premodial dalam bahasa sekarang lebih kesukuan tetapi Bekaban berawal berdiri dari gerakan-gerakan sosial dan Bekaban ini erat keterkaitan perannya dibawah masyarakat adat”, ungkapnya.

Heri irawan, S., juga menyampaikan Bekaban bergerak berlandaskan asas, moral dan adat istiadat yang memang menjadi kultural dimasyarakat Kabupaten Melawi, khususnya di Katab Kebahan atau di IWKK menjadi modal penting untuk sebuah kemajuan demokrasi di Kabupaten Melawi.

” IWKK dan Bekaban sangat-sangat mendukung tentang peran demokrasi, serta proses berjalannya demokrasi dan kemajuan demokrasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Melawi,” tegasnya.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Melawi, AKP Haryono dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada ormas – ormas dan organisasi-organisasi pemuda melalui beberapa subsuku yang ada di Kabupaten Melawi ikut membantu dalam mensukseskan pesta demokrasi akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang.

” Saya bangga walaupun saya lahir bukan di Kabupaten Melawi tapi dengan adanya ormas dan organisasi pemuda yang ikut andil dalam mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi”, ucapnya.

Lebih lanjut ungkap AKP Haryono menyampaikan, dengan dialog demokrasi ini diharapkan peran serta strategis masyarakat adat dalam berdemokrasi guna menciptakan pemilukada aman dan damai.

” Tentunya saya juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Melawi untuk memfasilitasi seluruh organisasi – organisasi yang ada untuk duduk satu meja dan bertukar pikiran satu sama lain guna menjaga keberagaman dan keharmonisan yang ada di Kabupaten Melawi”, pungkasnya.

( Lilik Hidayatullah )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: