Pertandingan Arum Jeram Dalam Rangka Porprov Jatim ke-VII 2022 dihadiri Oleh Wakil Bupati Lumajang

Kopatas.news||Lumajang – Bagi penyuka petualangan di alam terbuka, pasti sudah tidak asing lagi dengan kegiatan arung jeram. Kegiatan yang mengarungi jeram-jeram sungai memang sangat menantang.

Rafting sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Dilansir dari wikipedia, sejarah arung jeram tercatat sudah ada sejak abad ke-19 dimana seorang Pramuka asal negeri Paman Sam bernama John Mac Gregor memimpin sebuah ekspedisi di sungai Colorado. Mc Gregor memimpin beberapa orang enterpreneur menyusuri sungai tersebut dengan perahu jenis Pontoon yang merupakan sisa perang dunia.

Setelah perang dunia ke2 berakhir, perahu bekas Angkatan Laut Amerika mulai digunakan oleh para petualang untuk mengarungi sungai.

Arung jeram ini dilakukan dengan perahu bulat yang disebut Basket Boat, karena bentuknya yang menyerupai keranjang.

Di Indonesia sendiri , sejarah petualangan sungai di Indonesia dimulai sekitar awal tahun 1970-an dengan istilah olahraga arus deras (ORAD). Kelompok pecinta alam dari Bandung dan Jakarta menjadi pelopor berkembangnya olahraga ini sehingga kemudian menjadi salah satu olahraga petualangan yang paling diminati para pecinta alam.

Pada tahun 1975, kelompok pecinta alam menggelar Citarum Rally, sementara kelompok yang lain mengadakan ekspedisi melintas sungai Mahakam dan sungai Barito.

Sungai Bondoyudo akan menjadi venue cabor Arung Jeram dalam Porprov Jatim ke-VII 2022 di Lumajang. Arung Jeram merupakan cabor eksebisi dalam Porprov Jatim.

Doddy Suryadiawan Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Lumajang menyatakan 100% siap di gelar dan berharap sukses. FAJI sudah melakukan survey dan sejumlah ujicoba untuk memastikan sungai Bondoyudo layak dijadikan venue arung jeram.

Pertandingan Arung Jeram akan dimulai hari ini tanggal 28 Juli-01 Juni 2022 di Wonorejo, Banyuputih Lor, di Umbul dan Biting.
Pembukaan ini di hadiri oleh Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati Masdar, M.Si. dan secara resmi di buka.

Ada sejumlah kelas seperti kelas Sprin Race R2 dan R4 Mixed, Head To Head (HTH) Race R2 dan R4 Mixed dan Slalom Race R2 dan R4 mixed. Venue-nya ada di sungai Bondoyudo Desa Banyuputih Lor. Sedangkan di hari terakhir, tangal 01 Juli 2022 ada kelas Down River Race (DRR) yang startnya mulai Dusun Biting Desa Kutorenon dan finis di dam Umbul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: