Damai itu Indah, Warga Perbatasan Timor Leste “Sukarela” Serahkan Senjata Rakitan Kepada TNI AL

Kopatas.news | Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 23 Juni 2022,- Warga masyarakat yang berdomisili di Perbatasan Republik Indonesia dan Timor Leste  tepatnya di Desa Dualas kecamatan Kakuluk Mesak Antonio Gomes (55 th) dan Fransisco Da Silva (39 th) secara sukarela atas dasar keinginan pribadi mendatangi Pos Angkatan Laut (Posal) Atapupu Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menyerahkan empat (4) pucuk senjata api rakitan. Senjata ini kemudian diserahkan kepada Lantamal VII Kupang.

Senjata api Laras Panjang dan Laras Pendek sejenis rakitan ini dulunya digunakan pada saat konflik antara masyarakat Eks Milisi yang pro terhadap pemerintahan RI dengan warga Timor-Timur.

Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) VII Kupang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dr. Heribertus Yudho Warsono saat acara pemusnahan senjata di Posal Belu, Selasa (21/6) kemarin dalam kunjungan Kerjanya ke Kabupaten Belu menyampaikan apresiasi atas kesadaran warga yang datang sendiri  menyerahkan senjata  untuk diamankan aparat TNI AL.

“Penyerahan senjata ini didasari oleh keinginan pribadi artinya kita tidak memaksa tetapi bapak-bapak datang kepada kita untuk menyerahkan senjata dengan kesadarannya ini penting sekali karena keamanan sekarang ini sudah ada yang lebih bisa mengatasi artinya tidak perlu lagi menyimpan senjata”, kata Danlantamal VII

Laksma Heribertus berharap agar warga yang memiliki senjata menyerahkan kepada aparat TNI untuk diamankan. Warga tidak perlu lagi menyimpan senjata karena nanti apabila senjata itu disalah gunakan akan muncul masalah baru dan memicu tindakan kriminal. “Percayakan bahwa keamanan negara sudah ada yang melindungi, jadi warga tidak perlu menyimpan senjata”, ujarnya.

Kepala Staf Angkat Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa dimanapun TNI AL berada, harus memberikan manfaat pada rakyat, dan cepat tanggap dengan permasalahan rakyat.

Sementara itu, kunjungan kerja yang dilaksanakan Danlantamal VII Kupang beserta rombongan di Wilayah kerja Posal Atapupu, Kabupaten  Belu  NTT dalam rangka Bakti Sosial TNI AL yang merupakan rangkaian kegiatan Ulang Tahun Lantamal VII Kupang. Danlantamal didampingi Bupati Belu dr. Agustinus Taolin salah satunya meninjau wilayah Kabupaten Belu dan Perbatasan RI-RDTL sebagai salah satu upaya untuk menjaga keamanan diwilayah perairan laut sepanjang pesisir pantai yang Perbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

Sumber : Dinas Penerangan Angkatan Laut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: