Gelar Tapka di Desa Suka Damai, Satbinmas Polres Melawi Sampaikan Dua Poin Penting

kopatas.news

Melawi, Kalbar – Satbinmas Polres Melawi Polda Kalbar menggelar kegiatan Tatap Muka (Tapka) di Desa Suka Damai Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi, Senin (13/6/2022) sekitar pukul 09.30 wib sampai pukul 12.00 wib.

Kegiatan yang dilangsungkan di Kantor Desa Suka Damai ini, dihadiri langsung oleh Kepala Desa Suka Damai Syarif Efendi beserta perangkat Desa Suka Damai, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan masyarakat Desa Suka Damai.Sementara itu, Satbinmas Polres Melawi dihadiri oleh Kaur Mintu Satbinmas Bripka Ngadino, S.A.P, Brigpol Disusilowati dan Brigpol Matias Bono.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Bhabinkamtibmas Polsek Nanga Pinoh Desa binaan Desa Suka Damai Bripka Sarif Hidayat dan anggota Sat Res Narkoba Polres Melawi Brigpol Riski Riduan, Briptu Agung Darmawan dan Bripda Muhammad Haris.

Adapun materi yang disampaikan oleh Satbinmas Polres Melawi dalam kegiatan tatap muka ini yaitu tentang pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Binmas AKP Haryono menyampaikan kegiatan tersebut digelar dalam rangka silaturahmi kamtibmas dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi.

“Melalui silaturahmi kamtibmas ini, kami mengajak para tokoh masyarakat yang ada di Desa Suka Damai untuk bersama-sama pihak Kepolisian dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba dan peredaran narkoba di Kabupaten Melawi, dalam upaya menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif,” jelasnya.

Kami juga memberikan imbauan dan sosialisasi tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Memasuki musim bercocok tanam ini, kami mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

” Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga wilayah agar tetap asri dan sehat, tanpa adanya bencana kabut asap kedepannya,” ungkap AKP. Haryono.

AKP Haryono juga menjelaskan terkait kebakaran hutan dan lahan ini menjadi prioritas pihaknya dalam memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat di Kabupaten Melawi secara luas agar wilayah tetap terkendali dari kebakaran hutan dan lahan hingga menyebabkan bencana kabut asap yang merugikan dibanyak sektor tersebut.

“Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini terus kami cegah melalui Bhabinkamtibmas kami memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat di hingga ke desa-desa. Harapannya, Imbauan dan sosialisasi ini sampai kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Melawi”, tegasnya.

Lebih lanjut jelas AKP Haryono, membuka lahan dengan cara membakar sangat merugikan dan menyebabkan dampak yang sangat luas. Menyebabkan dampak sosial, budaya, ekonomi dan kesehatan yang sangat besar hingga menyebabkan kerugian dan dampak negatif yang sangat besar terhadap masyarakat. Tidak hanya kita sebagai manusia yang mengalami kerugian, termasuk flora dan fauna hingga menyebabkan kerusakan ekosistem hutan serta kerusakan lingkungan hidup kita hingga menyebabkan dampak yang berkepanjangan.

“Oleh sebab itu, kami meminta peran serta seluruh masyarakat dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Melawi ini,” pesannya mengakhiri.

Sementara itu Kepala Desa Suka Damai Syarif Efendi menyambut dengan sangat baik serta antusias kegiatan yang dilaksanakan oleh Satbinmas Polres Melawi ini.

” Dia dan warga Desanya berjanji akan mendukung sepenuhnya agar tidak terjadi transaksi atau peredaran narkoba di Desanya. Selain itu Pihaknya juga akan terus membantu kepolisian dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Melawi”, pungkasnya.

Penulis : Oktavianus

Publisher/Editor : Lilik Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: