Biro Humas dan Protokol BNN RI Timba Pengalaman Agenda Setting Polri

Kopatas.news | akarta-Kehumasan pemerintahan memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung program pembangunan di negeri ini. Oleh karena itulah diperlukan kolaborasi seluruh kehumasan di instansi pemerintahan untuk menyampaikan informasi yang tepat agar masyarakat memahami program pemerintah dan memberikan dukungan pada hal tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Ahmad Ramadhan saat membuka kegiatan Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) dengan tema “Strategi Kolaborasi Kehumasan Polri dalam Penyampaian Agenda Setting Pemerintah”, pada Kamis (2/6) di Jakarta.

Melalui kegiatan forum tersebut, Karo Penmas ingin membagikan pengalaman dan wawasan pihaknya tentang bagaimana mengelola berbagai isu di tengah masyarakat melalui agenda setting yang efektif.

Pengalaman dan kinerja kehumasan Polri dalam pengelolaan agenda setting ternyata mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong. Menurutnya, Polri telah berperan banyak dalam memberikan narasi yang efektif mengenai berbagai isu seperti dalam penanganan covid-19 dan isu-isu penting lainnya.

Usman Kansong, sebagai salah satu narasumber dalam diskusi ini, juga menjelaskan tentang bagaimana strategi agenda setting agar seluruh program pemerintah mendapatkan kepercayaan dari publik.

Menurutnya, ruang publik telah terdisrupsi oleh banyaknya informasi baik dari media mainstream maupun media sosial. Oleh karena itulah, petugas kehumasan pemerintah harus mengambil peran, bukan hanya meredam isu yang negatif tapi juga mencegah terjadinya kegaduhan akibat penyampaian informasi yang tidak tepat.

Oleh karena itulah, kehumasan pemerintah dapat menggunakan strategi agenda setting dengan menyiapkan narasi yang tepat kemudian menampilkan narasi atau konten di prime time secara berulang, kemudian menciptakan headline di media cetak dengan halaman besar.

Sebagai bagian dari kehumasan pemerintah, jajaran Bagian Publikasi dan Media Sosial Biro Humas dan Protokol BNN RI mengambil banyak pelajaran dan pengalaman yang disajikan oleh para pemateri mumpuni baik dari Kominfo maupun Polri tentang strategi agenda setting.

Kabag Publikasi dan Media Sosial BNN RI, Riki Yanuarfi, S.H.,M.Si mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk menambah wawasan dalam menyusun agenda setting dan juga memperkuat networking dalam bidang kehumasan. Saat dimintai pendapatnya tentang penyusunan agenda setting, Riki menyampaikan tentang pentingnya konsistensi dalam penyampaian narasi untuk meraih kepercayaan publik terhadap program pemerintah.

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: