Wakil Presiden Memimpin Pemberangkatan jama’ah Haji Kloter Pertama Asal Jawa Timur

kopatas news II sidoarjo- Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin melepas langsung keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Jawa Timur. Sebanyak 449 jemaah ini diberangkatkan melalui Bandara Juanda, Sabtu (4/6) pagi.
“Saya bersama Pak Sekjen Kemenag, Bu Gubernur Jawa Timur, hari ini kita memberangkatkan 449 jemaah haji dari Jawa Timur, umumnya dari Tuban ada juga sebagian dari Bojonegoro. Ini untuk pertama kali setelah dua tahun mereka, kita semua tidak ada pemberangkatan (haji) karena adanya COVID-19,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf menjelaskan, keberangkatan jemaah haji dari Indonesia diperbolehkan karena COVID-19 sudah melandai. Ia menyebut, jemaah haji yang berangkat tahun ini akan menjadi tolak ukur.

“Alhamdulillah karena COVID-19 sudah landai ini kita bisa memberangkatkan jemaah haji kita. Mudah-mudahan tahun depan kita sudah bisa normal ya, kita normal. Karena itu, kita harapkan haji tahun ini menjadi semacam ya ukuran, menjadi penilaian, kalau ini berjalan dengan baik Insyaallah tahun depan normal kembali seperti sedia kala,” bebernya.

Ma’ruf juga memberi pesan pada jemaah haji asal Indonesia agar terus menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Menurut Ma’ruf, COVID-19 masih belum hilang, dan paling penting cuaca di Arab Saudi saat ini cukup panas.

“Saya tadi sampaikan supaya juga menjaga kesehatan dari sengatan panas, sebab di sana cuacanya agak panas dan juga menjalankan ibadah dengan baik. Saya harap jemaah haji kita bisa kembali ke tanah air dengan selamat, sehat, dan mendapatkan haji yang mabrur,” harap Ma’ruf.

“Kepada para petugas saya sampaikan supaya melayani jemaah dengan baik dari pembimbingnya dari kesehatannya. Semua menjalankan tugasnya dengan baik sehingga jemaah kita bisa terlayani dengan baik di Tanah Suci. Semua pelayanan kita ditingkatkan,” pungkasnya.

Editor&publisher: mahmudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: