Inspiratif! Kapolsek Tanggeung Dirikan Sekolah SMK Demi Anak Putus Sekolah

Kopatas.news | Berawal dari keprihatinannya saat berpatroli ke setiap pelosok desa di Cianjur Selatan, Kapolsek Tanggeung Polres Cianjur Polda Jabar Iptu Deden menemukan salah satu Desa yang memiliki lulusan SMP putus sekolah akibat faktor ekonomi serta jarak tempuh yang cukup jauh ke SMA dan SMK, akhirnya ia berinisiatif untuk mendirikan sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diberi nama Sekolah Bina Remaja Pasundan.

Iptu Deden berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan berhasil mendirikan SMK di desa tersebut. Meski ruang belajar mengajar masih menumpang di SD setempat yang beralamat di Kampung Padamakmur Desa Padaluyu Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur.

Ini

“Pada saat itu saya melihat sekelompok anak-anak yang bermain pada saat jam belajar, lalu saya bertanya kepada anak-anak tersebut kenapa tidak sekolah, mereka menjawab kami ingin sekolah dan kami juga sudah lulus SMP tapi tidak bisa melanjutkan sekolah karena orang tua kami tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah” ujarnya.

Sementara ditempat terpisah Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si merasa bangga atas prestasi Kapolsek Tanggeung yang memiliki kepedulian tinggi terhadap anak – anak putus sekolah karena tidak mampu melanjutkan pendidikan akibat keterbatasan ekonomi.

Meskipun ruang kegiatan belajar mengajar masih menumpang, namun sekolah tersebut berhasil merekrut 53 siswa-siswi dan sudah memasuki tahun kedua, sedangkan untuk tahun ini sudah ada 26 calon siswa yang mendaftar.

Kapolsek mengatakan bahwa untuk tenaga pengajar direkrut dari guru – guru SD, SMP yang mumpuni dan sudah berpendidikan Sarjana S1. Tenaga pengajar tersebut mengajar tanpa diberi gaji yang optimal hanya berdasarkan keridhoan demi anak – anak tersebut.

Sementara Vina Pebrian Sari, salah satu murid di SMK tersebut mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Tanggeung yang sudah memberikan kesempatan untuk dapat bersekolah.

Cita – Cita Kapolsek Tanggeung Polres Cianjur Polda Jabar selanjutnya, setelah sukses mendirikan SMK, adalah mendirikan Universitas Terbuka .

“Alhamdulilah semester ini sudah mulai dibuka dan dipusatkan di SMK Negeri 1 Tanggeung dan sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membuka kelas jauh, semua ini dilakukan untuk membentuk SDM yang mampu bersaing.” kata Kapolsek.

Sumber : Bid Humas Polda Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: