Serah Terima Alih Kodal Satgas Pamtas RI-Malaysia Sektor Barat Kalimantan Barat

Kopatas.news | Sanggau, Kalbar – Serah terima Satgas Pamtas RI-Malaysia Sektor Barat Kalimantan Barat dari Yonif Mekanis 643/Wns yang Kepada Yonif 645/Gty bertempat di seluruh jajaran Pos Pamtas yang terpusat di Makotis Entikong, Kab. Sanggau.

Komandan Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau mengatakan serah terima Komando Pengendalian dilakukan di Komando Taktis (Kotis) Entikong pada hari Minggu sore tanggal 29 Mei 2022 yang dihadiri oleh Perwira Kotis Yonif Mekanis 643/Wns dan Yonif 645/Gty.

Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P menjelaskan Yonif Mekanis 643/Wns telah bertugas selama 12 bulan di perbatasan RI-Malaysia Kalimantan Barat sektor barat dari wilayah Temajuk sampai dengan Guna Banir yang meliputi Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sanggau.

Dalam arahannya Danyonif Mekanis 643/Wns memberikan pesan kepada Satgas pengganti Yonif 645/Wns agar selama menjalankan tugas wilayah perbatasan RI-Malaysia Kalimantan Barat yang utama adalah menghormati adat istiadat setempat, menjaga sinergitas dengan aparat setempat, selalu membantu kesulitan rakyat di sekitar pos dan dapat melaksanakan penugasan lebih baik dari Satgas sebelumnya.

Pengamanan wilayah perbatasan diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dalam kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). “TNI memiliki tugas pokok yang salah satunya menggelar kekuatan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan mengutamakan wilayah keamanan, daerah rawan perbatasan, daerah rawan konflik dan pulau pulau terpencil,” tegas Letkol Hendro.

Sementara itu Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY, Letkol Inf Hudallah dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Yonif Mekanis 643/Wns di Makotis Entikong, selanjutnya Satgas Pamtas 645/GTY siap melanjutkan tugas di wilayah perbatasan RI-Malaysia sesuai dengan tupoksi yang telah diberikan oleh Komando atas.

“Satgas Pamtas yang ditempatkan di wilayah perbatasan RI-Malaysia harus menjamin keamanannya, serta memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan dan ketahanan pangan,” ujar Letkol Hudallah.

Dalam kesempatan serah terima ini dilaksanakan penandatanganan buku memorandum serah terima dari Dansatgas Lama kepada Dansatgas baru (Pen Satgas Pamtas 643)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: