Peringatan Dari BMKG Selama 3 hari Antisipasi Terjadi Banjir Rob di Pesisir Pantai Jawa Timur

Kopatas news II Surabaya – BMKG Maritim Tanjung Perak mengeluarkan peringatan potensi banjir rob di beberapa daerah di Jatim. Kepala BMKG Maritim, Daryatno menyebut, banjir rob berpotensi melanda daerah pesisir Jatim.
“Dalam tiga hari ke depan, warga tetap waspada khususnya yang di pesisir laut, karena masih ada potensi banjir rob,” kata Daryatno kepada kopatas news, Jumat (27/5/2022).

Daryatno mengungkapkan, sejumlah daerah di pesisir Tuban, pesisir Lamongan, pesisir Gresik, pesisir Surabaya, pesisir Probolinggo, hingga pesisir Situbondo berpotensi terjadi banjir rob. Untuk ketinggian banjir rob, berkisar di angka 10-20 Cm.
Karena dampaknya pasti mengganggu aktivitas warga, terutama nelayan, dan di tambak-tambak yang ada di pesisir. Kalau di Surabaya ya biasanya justru di depan kantor kita, di Kalimas juga cuma tingginya tidak seperti di Jateng gitu,” beber Daryatno.

Daryatno mengimbau, warga tetap berjaga-jaga, karena cuaca di Jatim juga tidak menentu dalam sepekan terakhir. Meski tinggi banjir rob tidak signifikan, namun ia tetap meminta masyarakat waspada.

“Karena ini juga masuk cuaca ekstrem ya, warga harus hati-hati. Kalau yang liburan di pantai-pantai wisata di Situbondo tetap hati-hati waspada. Memang sebenarnya pesisir ini berpotensi banjir rob, sudah langganan tiap bulannya. Cuma biasanya, banjir rob terjadi di awal dan pertengahan bulan,” imbuhnya

Editor &publisher: mahmudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: