Polisi Menangkap Pelaku Pengedar Uang Palsu Depan Kebun binatang

Kopatas. News II surabaya-Unit Reskrim Polsek Gubeng menangkap warga Gunung Anyar bernama Saiful Rosid yang sedang mondar-mandir di kawasan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Gerak-gerak pria berusia 31 tahun itu tampak mencurigakan di Jalan Setail pada Kamis (19/5) sekitar pukul 21.00 WIB. Rupanya dia membawa segepok uang dengan jumlah yang tak sedikit. Kapolsek Gubeng Kompol Sodik Efendi mengatakan uang senilai RP 7.920.000 yang pelaku ternyata palsu dan rencananya akan diedarkan. Nominal yang dibawa juga bermacam-macam.

“Pelaku kami tangkap saat hendak melakukan transaksi uang kertas palsu pecahan 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu, dan, 10 ribu kepada orang lain di depan KBS,” kata Sodik, Senin (23/5). Setelah ditangkap, polisi membawa pria yang berprofesi sebagai penjaga warkop itu ke Mapolsek Gubeng untuk menjalani pemeriksaan. Kanit Reskrim Polsek Gubeng Iptu Kusmianto menambahkan uang palsu (upal) yang dimiliki oleh pelaku didapat dari seseorang berinisial YM (DPO).

“Uangnya dikirimkan melalui JNE lalu dijual kembali oleh pelaku dengan sistem COD atau ketemu antara penjual dengan pembeli,” jelasnya. Polisi juga menyita satu unit ponsel dan ransel yang digunakan tersangka menyimpan upal jutaan rupiah tersebut.

Saiful dijerat Pasal 36 ayat 3 dan 2 UU RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang Jo Pasal 245 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara

editor&publisher: mahmudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: