Sukseskan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Dinkes Melawi Gelar Pertemuan Lintas Sektor dan Puskesmas

kopatas.news

Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat – Guna Mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga ( PIS – PK ). Dinas kesehatan kabupaten Melawi Kalimantan Barat menggelar pertemuan koordinasi lintas program atau lintas sektor dan Puskesmas. Kegiatan dilaksanakan di Aula Hotel Cantika Melawi, ( 13 /05/2022 ).

Kegiatan pertemuan kordinasi teknis teritegrasi lintas program/lintas sektor dan puskesmas program PIS-PK 2022 tersebut dihadiri, LO Dandim, Kadis Pertanian, Kadis Sosial, Kadis Dukcapil, Kadis Perdagangan, Sekretaris DukCapil, Kepala Kemenag, Kapolsek Nanga Pinoh dan 11 Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Melawi.

Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, Ahmad Darmawan. S.Kp., kepada awak media kopatas.news menyampaikan, Program Indonesia Sehat ( PIS ) merupakan salah satu agenda kerja pemerintah guna meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Melalui paradigma sehat, pelayanan kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ). Dimana salah satunya dengan Pendekatan Keluarga ( PK ).

” Pendekatan Keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan dengan mendatangi setiap keluarga guna memberikan pemahaman awal terhadap kesehatan setiap anggota keluarga tersebut, sehingga puskesmas tidak hanya melayani kesehatan di dalam gedung saja, melainkan juga di luar gedung “, jelasnya.

Selain itu Pendekatan pelayanan yang mengintegrasikan UKP & UKM secara berkesinambungan dengan target keluarga, didasari informasi kesehatan setiap anggota keluarga dari profil kesehatan keluarga (sehingga informasinya valid) dan memberikan intervensi awal bila ada masalah kesehatan pada keluarga tersebut. Selanjutnya Puskesmas akan melakukan analisis terhadap hasil kunjungan keluarga dan merencanakan upaya intervensi lanjut yang dilakukan terhadap masalah kesehatan yang dibahas dalam forum lokakarya mini Puskesmas.

” Dengan demikian pendekatan keluarga tidak hanya berupa pendataan/sensus saja. Namun Tujuan Pendekatan Keluarga guna mengintegrasikan seluruh program di puskesmas, Meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif, Mendukung pencapaian SPM Kab/Kota, Mendukung pelaksanaan JKN dan mendukung tercapainya Program Indonesia Sehat”, tegas Ahmad Darmawan.

Lebih lanjut ungkap Ahmad Darmawan, dalam mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga ( PIS – PK ) ini tentunya peran dan tanggung jawab sektor – sektor lain di luar sektor kesehatan ( Lintas Sektor ) sangatlah penting.Peran dan tanggung jawab Lintas Sektor merupakan tolak ukur Keberhasilan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga diukur dengan Indeks Keluarga Sehat, yang merupakan komposit dari 12indikator.

” Semangkin banyak indikator yang dapat dipenuhi oleh suatu keluarga, maka status keluarga tersebut akan mengarah kepada Keluarga Sehat. Sementara itu, semakin banyak keluarga yang mencapai status Keluarga Sehat, maka akan semakin dekat tercapainya Indonesia Sehat”, pungkasnya.

( Lilik Hidayatullah )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: