BPBD Bojonegoro Serta Polres Bojonegoro Memperbaiki Tanggul Jebol

Kopatas news II bojonegoro – Hujan deras dan banjir pada Minggu (8/5) ternyata menyebabkan sebagian tanggul Bengawan Solo di Desa Kauman, Kecamatan Kota Bojonegoro longsor. Ada dua rumah warga di RT 10, RW 2 desa tersebut yang turut ambles. Hari ini tanggul itu mulai diperbaiki.
Tanggul Bengawan Solo di Desa Kauman yang cukup tinggi menyerupai tebing itu longsor diduga terdampak hujan deras pada Minggu. Saat itu banjir sempat merendam sejumlah ruas jalan protokol di Bojonegoro dengan ketinggian hingga 30 cm, juga permukiman warga dengan ketinggian hingga 60 cm. Banjir juga merendam Desa Kauman.

Saat itulah tanggul Bengawan Solo di desa itu longsor. Akibatnya, dua rumah warga setempat ambles. Rumah Moch Sholeh sebagian bidang tanahnya berdiameter 14,5 meter ambles sedalam 50 cm. Sedangkan rumah Moch Yahya yang ada di tepi tanggul ambles sedalam 50 cm akibat longsoran tanah mencapai kedalaman 3 meter

Hari ini, tanggul Bengawan Solo yang losor itu diperbaiki. Tim gabungan terdiri dari polisi, BPBD Bojonegoro, dan dinas terkait lainnya melakukan pembangunan ulang tanggul itu bronjong kawat yang diisi pasir dan batu.

“Setelah kejadian tebing longsor di Desa Kauman itu kami berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memperbaikinya, supaya tidak ada kendala lain ke depan,” ujar Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad, Kamis (12/5/2022).

Sementara untuk dua rumah warga yang terdampak longsor tersebut, Kapolres Bojonegoro memastikan bahwa penanganan sedang dilakukan. Pihak kepolisian melakukan penanganan rumah dua warga itu bersama dinas terkait.

“Untuk rumah warga yang ambles ada dua. saat ini sudah dalam proses penanganan bersama dinas terkait dan polisi.” kata AKBP Muhammad.

Banjir akibat hujan intensitas tinggi pada Minggu malam lalu itu sempat merendam pemukiman warga dengan ketinggian air mencapai 60 cm atau setinggi lutut orang dewasa. Itu adalah banjir tertinggi yang sempat membuat salah satu toko di Jalan Diponegoro kemasukan air padahal sebelumnya tidak pernah.

Tidak hanya itu, Jalan Panglima Sudirman yang menjadi kawasan langganan banjir di Bojonegoro juga membuat rumah Dinas Wakil Bupati Bojonegoro turut terendam air.

Publisher: mahmudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: