Pusara lily wahid Berdekatan Sama Malam KH. Hasyim Asy’ari

Kopatas news II jombang – Adik kandung KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Lily Chodijah Wahid akan dikebumikan di makam keluarga di Desa Cukir, Diwek, Jombang di belakang Masjid Ponpes Tebuireng, Jombang. Lokasi pusara yang disiapkan untuk Lily Wahid ada di selatan makam Pendiri NU KH Hasyim Asy’ari yang sekaligus kakeknya.
Pantauan detikJatim, lokasi pusara yang disiapkan untuk Almarhumah berjarak tidak jauh atau kurang lebih 10 meter dari makam KH Hasyim Asy’ari, masih satu kompleks dengan makam kakaknya, Gus Dur dan KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah, juga makam ayahnya KH Wahid Hasyim.

Lokasi pusara Almarhumah Lily Wahid yang ada di sebelah selatan pendapa atau joglo yang biasa dipakai berdoa oleh para peziarah itu juga berada di sebelah timur makam Nyai Hj Nadhifah, istri Pengasuh Ponpes Tebuireng keempat KH A Baidlowi Asro.

“Dari joglo itu sebelah kiri, di selatannya joglo itu. Ada beberapa yang memang masih longgar di situ, rencananya akan dimakamkan di situ,” kata Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin kepada wartawan di lokasi, Senin (9/5/2022).

Persiapan pemakaman jenazah Lily Wahid yang merupakan Mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014 itu sudah mulai dilakukan malam ini. Tapi hanya sebatas untuk menentukan lokasi liang lahatnya saja. Penggalian liang lahat sendiri, kata Gus Kikin, akan mulai dikerjakan besok pagi.

“Mungkin besok pagi karena di sini tanahnya tidak ada masalah. Tidak terlalu lama menggalinya supaya tidak malam-malam begini menggalinya,” katanya.

Berdasarkan keterangan dari keluarga, sebelum diberangkatkan ke Jombang untuk dimakamkan di Kompleks Pemakaman Keluarga Tebuireng, jenazah Almarhumah Lily Wahid lebih dulu disemayamkan di Cluster West Covina, Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor.

Publisher: mahmudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: