Sekarang “Angler” Bukan Hanya Hoby tapi Sudah sebagai Sport Fishing

Kopatas.News – Lubuklinggau, Pernahkan anda melihat orang sedang memancing ikan? Entah itu di sungai, danau, waduk, laut, kolam pemancingan atau dimana saja anda pernah melihatnya. Apa yang terlintas pertama kali dipikiran anda ketika anda melihatnya?

“Ngapain susah-susah mancing, beli aja di Pasar”, “Ahhh dasar orang kurang kerjaan”, “Kegiatan nggak bermutu, buang-buang waktu, nggak ngasilin duit”, “Dasar pemalas”. Iya, perkataan-perkataan bernada “kurang sedap didengar” kerap harus saya dengar, dari telinga saya sendiri. Iya saya seorang  “Pemancing” atau “Angler” .

Apa itu Angler? Angler adalah sebutan untuk orang yang mempunyai hobi memancing. Lalu apa bedanya dengan nelayan?. Jelas beda, Nelayan menangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, sedangkan Angler menangkap ikan hanya sebatas hobi. Sebuah hobi yang terkadang dipandang sebagai “Pekerjaan Orang Malas”.

Saya pribadi tidak terlalu ambil pusing dengan sebutan “Pekerjaan Orang Malas”, dikarenakan mereka belum mengerti atau paham betul. Jadi, saya ingin memberi gambaran tentang aktifitas memancing ikan sebagai hobi, sebatas yang saya ketahui.

Menurut pendapat saya pribadi, anggapan memancing ikan sebagai pekerjaan orang malas adalah sebuah “Paradigma Lama”. Saya katakan Paradigma Lama karena pemahaman itu sudah ketinggalan zaman, yang mana zaman sekarang aktivitas memancing sudah mengalami perkembangan yang demikian pesat. 

Zaman sekarang, aktivitas memancing sudah memasuki “Paradigma Baru”, yaitu memancing sudah menjadi bukan lagi sebatas Hobi, namun sudah berkembang menjadi Olah Raga/Sport Fishing dan Gaya Hidup/Life Style.

Memancing Sebagai Sport Fishing dan Life Style

Mancing Mania sebuah Program TV yang tayang di salah satu stasiun TV swasta nasional menjadi pioner acara mancing di Indonesia. Saya pribadi menganggap Mancing Mania merupakan pembentuk opini publik bahwa “Mancing Bukan Pekerjaan Orang Malas”, sekaligus menciptakan Paradigma Baru dalam dunia memancing di Indonesia, yaitu “Memancing Sebagai Sport Fishing dan Life Style”.

Mancing Mania mengenalkan kepada pemancing di Indonesia tentang Modern Fishing dan Catch And Release. Apa itu Modern Fishing dan Catch And Release? Modern Fishing adalah suatu aktivitas memancing menggunakan umpan buatan atau Artificial Bait atau biasa disebut dengan Lure, sedangkan Catch Release adalah suatu sistem dalam memancing yang mana ikan yang kita tangkap, kita lepaskan lagi dengan tujuan agar ikan tetap lestari. 

Tentu ini perubahan besar dalam dunia pemancingan di Indonesia, karena selama ini pemancing menggunakan umpan hidup/alami dan ikan yang didapat, dibawa pulang.

Modern Fishing yang saat ini mulai populer dikalangan pemancing di Indonesia, mengharuskan pemancing menggunakan Artificial Bait. Artificial bait sendiri merupakan umpan buatan yang bentuknya dibuat mirip dengan hewan tertentu yang biasa dimakan oleh ikan target pemancing. Bentuknya umumnya berupa ikan, katak, atau hewan lainnya. @ (Ardi Affandi (6019044) Universitas PGRI Silampari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: