Peresmian Kesatrian Marinir dan Mako Lanmar Sorong

KOPATAS.NEWS | Sorong-Papua Barat – Peresmian Kesatrian Marinir dan Mako Lanmar Sorong yang di pimpin oleh Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono,M.Tr Han, bertempat di Mako Lanmar Koarmada 3 Jl. Poros Armada, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Prov. Papua Barat. Senin, (13/12/2021).

Menurut Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono,M.Tr Han dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih serta puji syukur dimana kita dapat berkumpul disini dalam rangka peresmian tiga Kesatrian sekaligus yaitu Kesatrian Marinir Pasmar 3 KM 16 dengan nama “Agoes Soebekti”, Kesatrian Marinir Katapop dengan nama “Abraham Oktavianus Atururi” dan Mako Lanmar Sorong dengan nama “Belati”.

Lanjutnya bahwa “Perjalanan Laksamana Muda Agus Soebekti dan Brigjen TNI Mar Abraham Oktavianus Atururi secara resmi saya gunakan sebagai Pangkalan Marinir di Koarmada III dan ini merupakan bagian dari program kerja kita”, terang Dankormar.

“Selain itu merupakan satu tradisi dimana setiap satuan kita harus di beri nama kesatrian dengan nama anak/tokoh yang telah berjasa dan salah satunya kita gunakan nama putra daerah yang merupakan putra terbaik yang ada dan ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita sebagai prajurit TNI AL yang mana beliau juga merupakan seorang Gubernur Prov Papua Barat” imbuhnya.

Untuk masyarakat Sorong pada khususnya merupakan bagian dari TNI AL sehingga diharapkan bisa saling bahu-membahu dalam rangka mengisi pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Sorong yang kita cintai.

Kemudian menurut Dankormar bahwa“Kepada Forkopimda yang hadir saya mohon agar bisa dapat memberikan bimbingan kepada prajurit saya sehingga terus terjalin hubungan yang baik serta kami akan terus melakukan pembangunan Mako pasmar 3 secara bertahap”, ucapnya.

“Hal ini juga daapt menjadi implementasi dari korps Marinir yang merupakan bagian dari masyarakat Kabupaten Sorong,karena Korps Marinir juga bagian dari pembinaan kepada setiap prajurit Marinir dalam melakukan pembinaan pangkalan yang ada di wilayah Sorong”, pungkas Dankormar.

Selanjutnya dengan penamaan nama Kesatrian ini mempunyai makna yang sangat penting karena beliau adalah seorang pahlawan yang pernah berjasa untuk korps TNI AL dan Marinir khususnya.begitu juga kepada Brigjen TNI Marinir Abraham Oktavianus Atururi yang berjasa dengan merintis adanya pangkalan Pangkoarmada III dan Pasmar 3 yang ada saat ini di wilayah kota Sorong dan Kabupaten Sorong Prov. Papua barat,”tegasnya”.

(Timo/Leo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: