Puncak latihan penanggulangan bencana alam Pasmar 3 ditutup setelah pelaksanaan aplikasi lapangan

KOPATAS.NEWS | Sorong Papua Barat – Penutupan briefing latihan penanggulangan bencana alam Pasmar 3 TA. 2021 dilaksanakan di Lapangan Kampung Malaus Modan II, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat.

Kegiatan latihan penanggulangan bencana alam yang bekerjasama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama pembekalan dengan materi pengetahuan pelaksanaan evakuasi medis, pengetahuan teknik mendirikan posko, pengetahuan tentang bencana alam, pengetahuan SAR dan pengetahuan proses bantuan TNI kepada Pemda, sedangkan tahap kedua meliputi latihan praktis tentang teknik dan taktik penanggulangan bencana alam serta tahap ketiga adalah aplikasi lapangan terhadap semua materi yang sudah diberikan.

Latihan penanggulangan bencana alam diakhiri dengan aplikasi penanggulangan bencana alam meliputi beberapa problem diantaranya mendirikan posko penanggulangan bencana, menyiapkan dapur lapangan, penanganan korban bencana tanah longsor, tertimpa reruntuhan bangunan, mengevakuasi para pengungsi, mengevakuasi korban dari ketinggian dan penyelamatan korban tenggelam.

Dengan terselenggaranya latihan ini diharapkan terjalin koordinasi yang melekat antara tiap-tiap stake holder yang terlibat dalam penanggulangan bencana, dan para peserta latihan dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan personel dalam penanganan bencana alam bila terjadi di wilayah Sorong dan sekitarnya.

Dalam puncak kegiatan tersebut, Asops Danpasmar 3 Kolonel Mar I Gede Eddy Supryadi, M.Tr.Hanla mewakili Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada masyarakat di Lapangan Kampung Malaus yang dijadikan sebagai lokasi latihan aplikasi penanggulangan bencana alam.

Turut hadir pada kegiatan tersebut para Asisten Danpasmar 3, Dankolak/ Satlak Pasmar 3, perwakilan Basarnas Sorong dan perwakilan BPBD Kota Sorong.

(Dispen pasmar 3/Sorong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: