BPBD Provinsi Jawa Timur gandeng Forum PRB Jatim dalam Kegiatan Sapa Destana

Kopatas.news||Tulungagung – Bertempat di Pantai Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur bersama dengan Forum PRB Jawa Timur dan juga BPBD Kabupaten Tulungagung serta Forum PRB Kabupaten Tulungagung melakukan Sosialisasi Penanggulangan Bencana untuk mengingatkan masyarakat terhadap potensi ancaman gempa bumi dan tsunami di wilayah selatan Jawa melalui program Sapa Destana.Selasa, 30/11.

Acara ini di hadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari warga pesisir pantai sine, tokoh masyarakat, komunitas relawan, dan juga Forum PRB Kabupaten Tulungagung.

Dadang Iqwandy ST, MT. Kasi Pencegahan BPBD Provinsi Jatim dalam sambutannya mengatakan “Mari kita gerakkan unsur pentahelix yang meliputi pemerintah, lembaga usaha, akademisi, media, dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.”
Program Sapa Destana ini merupakan upaya penyegaran kembali pengetahuan mitigasi bencana tsunami unsur-unsur pentahelix di Desa Tangguh Bencana (Destana) ujarnya.

Sementara Kabid PK BPBD Kabupaten Tulungagung Dedy Eka Purnama mengatakan “bahwa wilayah selatan Tulungagung menghadapi beberapa potensi bencana alam, termasuk gempa bumi yang berpotensi tsunami.

“Tsunami merupakan salah satu bencana yang harus diwaspadai di selatan jawa, maka diperlukan kesiapsiagaan masyarakat di pesisir untuk menghadapi potensi terjadinya tsunami,” katanya saat menyampaikan sambutan di acara sosialisasi sapa Destana.
“Masyarakat diharapkan mengetahui tanda-tanda tsunami dan cara evakuasi, maupun melibatkan diri langsung dalam rangka mengurangi dampak tsunami,” imbuhnya.

Alfin Zayn dan Ratna Ningsih perwakilan dari Forum PRB Jawa Timur bertindak sebagai pemateri dalam program SAPA DESTANA ini, “mereka menjelaskan program SAPA DESTANA ini memang program baru yang merupakan tindak lanjut dari hasil Jambore FPRB beberapa bulan lalu, yang mana sasarannya ada di 8 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang mang berpotensi tsunami.
Diantaranya ialah Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi. Dari 8 kabupaten itu, ada 156 desa yang memiliki potensi tinggi terhadap ancaman tsunami”.

Pemateri menyampaikan secara rinci tentang potensi ancaman yang berada di Jawa Timur. Menurut Alfin di Jawa Timur ini ada 14 ancaman yang berpotensi, salah satunya yaitu Tsunami yang memang juga berpotensi di Kabupaten Tulungagung, khususnya pesisir Selatan ini.

Selain itu, pemateri juga mengevaluasi tentang Destana yang sudah di bentuk sebelumnya, bagaimana keaktifan dari FPRB nya, apakah program yang telah disusun dalam dokumen RPB sudah terintegrasi dalam RPJMDes, terus Rencana Aksi apa yang sudah dilakukan, jalur evakuasi dan mitigasinya seperti apa, proses diseminasi kepada warga dan lain sebagainya.

Ratna Ningsih mengajak dan menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan tidak takut terhadap informasi yang dikeluarkan oleh BMKG akhir-akhir ini, karena itu hanya prediksi bahwa di sepanjang pesisir Selatan laut Jawa berpotensi akan terjadi gempa bumi dan tsunami.

Kita tidak tau hal itu akan terjadi apa tidak, kapan terjadinya dan seperti apa, yang terpenting kita tetap waspada dan berhati-hati, lebih peduli terhadap Alam dan lingkungan, tingkatkan kapasitas kita, sehingga bila terjadi bencana kita sudah siap dengan segala sesuatnya.

Sebelum acara di akhiri, Alfin Zayn mengingatkan kembali bahwa “Bencana ini bukan urusan pemerintah saja, bukanpula urusan masyarakat, tapi bencana ini adalah urusan kita bersama (Pentahelix), baik pemerintah, akademisi, lembaga usaha, media, maupun masyarakat. Jadi kita semua harus saling bersinergi dan bekerjasama dalam menanggulangi bencana.

Kami berharap kepada semua peserta yang mengikuti kegiatan Sapa Destana ini nantinya bisa menyebarluaskan tentang informasi atau pengetahuan yang telah diterima pada hari ini kepada keluarga, teman, tetangga dan yang lainnya, sehingga semuanya bisa lebih waspada dan selamat” tuturnya. (ZaYn)

Forum PRB Jawa Timur Forum Pengurangan Resiko Bencana Prov JAWA TIMUR Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur Pusdalops Bpbdatim Ktgd Tangguh BNPB, BPBD dan BASARNAS BNPB & BPBD SE INDONESIA

(Mahmudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: