Taman Kanak-kanak Islam Darul Muttaqin Purworejo Berkunjung ke Peternakan Kambing Etawa Tlogoguwo Kaligesing

Kopatas.news||Purworejo-Guna mengisi kegiatan belajar mengajar diluar kelas, Taman Kanak-kanak ( TK ) Islam Darul Muttaqin Purworejo yang berlokasi di komplek Masjid Agung Purworejo, mengadakan kegiatan Puncak Tema Binatang berkunjung ke Peternakan Kambing Etawa yang ada di Somoroto RT.01 RW. 05 Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing Purworejo, Sabtu(20/11).

Siswa dan Orangtua yang mengikuti acara ini diajak terjun langsung ke lokasi peternakan kambing Etawa yang sudah terkenal dan menjadi salah satu Ikon Kabupaten Purworejo.

Kepala Sekolah Mustakimah, S.Pd.AUD menyampaikan “kegiatan yang dilakukan anak didik bersama orangtua adalah melihat langsung kambing, memberi makan, memerah susu dan melihat proses pembuatan karamel susu kambing serta meminum susu segar kambing etawa”.

“Dengan kegiatan ini anak bisa memahami bahwa dengan memelihara kambing dapat diambil beberapa manfaatnya selain daging, kambing Etawa juga menghasilkan susu yang bisa dikonsumsi manusia” pungkas Mustakimah.

“Kegiatan field trip edukasi hari ini menyenangkan, sangat bagus utk pengenalan anak tentang susu, ternyata tdk cuma sapi saja yg bisa menghasilkan susu, melainkan kambing, dan rasa susunya enak seperti susu biasa yg dikonsumsi anak-anak, tidak berbau prengus, dan ternyata itu ada di kota kita sendiri tdk perlu jauh-jauh untuk mencarinya,” jelas Erna susanti Orangtua siswa Muhammad Fathan Adiputra TK B 3.

Praktek membuat karamel

Sedangkan M. Sutomo mengatakan “Senang sekali anak-anak sangat antusias untuk berinteraksi dengan kambing etawa, Selain itu hasil olahan susu kambing juga digemari oleh anak-anak”.

Sebagai pembudidaya merupakan kebanggaan bila generasi penerus mempunyai ketertarikan pada Kambing Etawa.

“Semoga dengan pengenalan sejak dini kepada anak mereka mengetahui kambing asli Purworejo penghasil susu yang dikemudian hari dapat mereka kembangkan dan informasikan kepada yang lainnya”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: