Pasmar 3 Ikuti upacara HUT KE-76 Korps Marinir melalui video conference

Kopatas.news | Sorong Papua Barat – Wakil Komandan Pasmar 3 Kolonel Mar Agung Trisnanto beserta seluruh prajurit Pasmar 3 mengikuti kegiatan upacara secara Video Conference (Virtual) dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang berlangsung di Markas Komando Pasmar 3 Jl. Sorong-Klamono Km.16, Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat. Senin (15/11/2021).

Upacara yang bertema “Mengabdi Kepada Ibu Pertiwi Untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” tersebut disiarkan terpusat dari Lapangan Brigif 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan dan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dengan Komandan Upacara Kolonel Mar Freddy Ardiansyah yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri 1 Marinir (Danbrigif 1 Mar) Pasmar 1 Jakarta. Pelaksanaan upacara ini dipancarkan secara live ke seluruh sektor penugasan prajurit Korps Marinir baik dalam maupun luar negeri.

Dalam amanatnya Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., mengatakan, selama 76 tahun masa pengabdiannya prajurit Korps Marinir TNI AL merupakan sosok Kesatria Jalasena yang senantiasa tampil di depan dan berdiri dengan kokoh saat bumi pertiwi ini memanggil. Dalam setiap pengabdiannya kepada bangsa dan negara Korps Marinir selalu menunjukkan sikap humanis yang disertai dengan profesionalisme yang tinggi.

“Sebut saja di palagan mana Korps Marinir yang tidak pernah hadir, mulai dari menghadapi musuh nyata yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, melerai dan menurunkan ketegangan massa hingga percepatan penanganan pandemi Covid-19 maupun serbuan vaksinasi maritim dan penegakkan disiplin protokol kesehatan, Marinir selalu hadir , Marinir selalu ada dan Marinir tak pernah surut walau selangkah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, “Mengabdi Kepada Ibu Pertiwi Untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” rangkaian kata tersebut merupakan landasan langkah pengabdian kedepan, sekaligus sebagai refleksi dinamika perjalanan pengabdian Korps Marinir TNI AL yang tidak perlu diragukan lagi loyalitas tegak lurusnya.

Kasal menambahkan, bahwa Korps Marinir sebagai pasukan pendarat diharapkan mampu melaksanakan inovasi dan lebih adaptif dengan kemajuan teknologi mutakhir dan fokus kepada kebijakan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut.

“Sebagai proyeksi kekuatan laut ke darat, kemampuan tempur pasukan pendarat Korps Marinir harus ditunjang oleh kesiapan sarana dan prasarana latihan Korps Marinir, pusa-pusat latihan tempur harus dibangun dan disesuaikan dengan doktrin maupun tuntutan tugas yang mengandung unsur kekinian,” tegasnya.

Dalam amanat terakhirnya, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M menyerukan bahwa bangsa dan negara ini bangga kepada prajurit Korps Marinir, dan seluruh prajurit korps Marinir patut berbesar hati karena Menjadi Marinir Adalah Pilihan Kata Hati, Menjadi Marinir Adalah Kehormatan.

Di puncak kegiatan Kasal didampingi Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.Han melaksanakan wawancara secara Virtual kepada prajurit Korps Marinir yang sedang melaksanakan tugas didalam maupun luar negeri.

Turut hadir dalam kegiatan upacara secara virtual tersebut para Asisten Danpasmar 3, Danyontaifib 3 Marinir, Dandenma Pasmar 3, Dandenintel Pasmar 3 para Perwira Staf Mako Pasmar 3 dan Wakil Ketua Korcab Pasmar 3 Ny. Mila Agung Trisnanto beserta pengurus Korcab Pasmar 3.

(Tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: