BPBD Jatim Bersama Relawan BNPB Melakukan Sosialisasi Penanggulangan bencana di Lingkungan Sekolah.

BPBD Jatim Bersama Relawan BNPB Melakukan Sosialisasi Penanggulangan bencana di Lingkungan Sekolah.

Kopatas.News || Mojokerto – Tangguh JatimGuna mengenalkan upaya mitigasi bencana secara dini kepada masyarakat, dalam dua pekan ini, BPBD Jatim bersama relawan BNPB melakukan sosialisasi penanggulangan bencana di lingkungan sekolah.” Selasa. 21-9-2021 “

Sedikitnya, tujuh sekolah tingkat dasar (SD/MI) dan tingkat menengah (SMP/MTs) yang tersebar di wilayah Sidoarjo, Surabaya dan Mojokerto menjadi sasaran kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) ini.Di antaranya, SDN Ngingas, SDN Wedoro, SDN Pepelegi dan SDN Kepuh Kiriman yang berada di wilayah Kecamatan.,Waru Sidoarjo. Lalu, SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya dan SDN Jatijejer Trawas Mojokerto.”Untuk hari ini, (Selasa) kita memberikan edukasi di SMP KEMALA BHAYANGKARI 6 Surabaya,” ujar Mahmudi, koordinator relawan.

Di beberapa sekolah itu, relawan kebencanaan yang berasal dari unsur SRPB dan FPRB Jatim mengenalkan kepada siswa serta civitas akademika sekolah tentang upaya mitigasi dan pengurangan risiko bencana dengan diiringi Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena)Selain bencana banjir dan gempa bumi, para relawan tak lupa menekankan sosialisasi tentang upaya pengurangan risiko bencana pandemi Covid-19 dengan cara penegakan protokol kesehatan, seperti, penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.Di setiap sekolah, BPBD Jatim bersama relawan BNPB juga membagikan masker sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Kabid PK BPBD Jatim Gatot Soebroto SE M.PSDM menyatakan, upaya sosialisasi dan edukasi bencana di sekolah-sekolah ini juga dilaksanakan dalam rangka membangun kewaspadaan terkait telah melandainya pandemi Covid-19 di Jatim.”

Kita berharap, agar masyarakat tetap waspada dan tidak lengah dengan kondisi saat ini dengan tetap menjaga prokes, utamanya memakai masker,” ujarnya.

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi bencana ini dimungkinkan akan diperluas ke wilayah Selatan Jatim yang memiliki potensi bencana gempa dan tsunami.

(Mahmudi)

 134 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.