Dandim 1802/Sorong Hadiri Press Conference BMKG

Dandim 1802/Sorong Hadiri Press Conference BMKG

kopatas.news II Sorong, Papua Barat.– Komandan Kodim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman,SE.M.I.Pol,MM menghadiri Press Conference BMKG yang diselenggarakan di Gesung Samu Siret Jalan Burung Kurana, Kelurahan Remu Utara, Distrik Sorong Kelurahan Remu Selatan, Distrik Sorong Manoi,Kota Sorong.Rabu(14/04/2021).

Press Conference yang di laksanakan oleh BMKG Kota Sorong di pimpin oleh Drs.Yacob .M. Kareth, M.Si selaku Sekda Kota Sorong dimana kegiatan tersebut membahas tentang terkait Bibit Siklon Tropis 94 W dan monitoring menyikapi informasi peringatan dini terkait cuaca ekstrem di Indonesia termasuk Papua Barat dan dihadiri kurang lebih 25 Orang.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Kodim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman,SE.M.I.Pol,MM menyampaikan bahwa kita ketahui besama bahwa baru saja BMKG merilis terkait bencana tropis 94W telah melalui beberapa daerah seperti Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat, bencana tersebut akan berlangsung dari tanggal 13 s/d tanggal 19, untuk wilayah yang tadi saya sebutkan dari beberapa kemungkinan akan terjadi potensi hujan lebat disertai kilat , petir dan disertai angin kencang dan beberapa hal lain yang perlu Kita waspadai sesuai dengan meeting yang diberikan telah disampaikan oleh BMKG termasuk juga meluapnya permukaan air dari dua setengah sampai dengan 4 meter yang di akibatkan peralihan dari perairan Manokwari, perairan di wilayah Jayapura, Sarmi ,Samudra Pasifik dan Papua Barat ini yang harus kita antisipasi.

Kita bersama Pemerintah harus bersinergi dan mengkolaborasikan potensi yang ada baik dari Pemerintah Kota,Polres Kota,Kodim dan Basarnas serta BPBD yang ada di lapangan sesuai dengan peraturan yang ada bahwa saat ini kita sedang melaksanakan kegiatan tanggap bencana, dalam tahap pra bencana akan diadakan beberapa kegiatan meliputi koordinasi teknis, sosialisasi latihan simulasi dan mitigasi. Rangkaian kegiatan tersebut merupakan proses tahap pra bencana, tentunya hal ini akan kita lakukan sebagai pertanggungjawaban terhadap masyarakat yang ada di wilayah kita.

Rangkaian tugas pra bencana akan kita berikan sebelum terjadinya bencana agar meminimalisir korban jiwa,harta maupun benda. Tugas kita semua yang hadir di acara ini mendukung program tersebut sehingga nanti secara teknis untuk Leading Sector kepala Dinas BPBD akan secara teknis menindak lanjuti misalkan dengan menentukan jalur evakuasi sebagai titik kumpul masyarakat, karena kita tahu bahwa hujan lebat dan disertai petir akan mengakibatkan air pasang,dari hal tersebut kita harus menentukan marking tempat dimana yang dapat menampung banyak warga misalkan bencana tersebut terjadi.

Di bidang Logistik dan Transportasi baik sarana dan prasarana yang di siapakan kemudian Dinas terkait mendata menyiapkan kesiapan personil dan materiil yang siap untuk di operasionalkan,Sehingga apabila terjadi bencana kita semua siap karena dalam keadaan emergency tersebut semuanya pasti dalam keadaan panik , dan apabila kita sudah siap maka apapun yang terjadi kitapun sudah siap.

Turut hadir dalam kegiatan AKBP Ary Nyoto Setiawan, S.IK, MH (Kapolres Sorong Kota ), Rahman, S.STP, M.Si (Asisten I Bid. Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Sorong), Rully (BMKG Geofisika Kota Sorong), Muh Arifin (Kepala Basarnas Sorong), Gamar Malabar, S.Sos, MM (Staf Ahli WK Bid Kemasyarakatan Kota Sorong), Tamrin Tajudin, SE (Staf Ahli Walikota Sorong Bidang Hukum dan Politik), Julian Kelly kambu, ST (Kadis Lingkungan Hidup Kota Sorong), Indhar andi Waluyo (Ka BMKG Sorong), J. Kambuaya (Kadis Perikanan Kota Sorong), Henrikus Momot, (Kaban Kesbangpol Kota Sorong), Ibrahim Iribaran, S.pdi (Kepala Damkar Kota Sorong), Kapten Inf Hadam .T (Pasi Ops Kodim 1802/Sorong) dan Jhosua Homer (Kabid BP0BD Kota Sorong)

Sumber : Pendim

Publisher : Aldi Alamsyah

 58 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.