Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sorong

Home WARTA DAERAH Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sorong
Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sorong

Kopatas.news | Sorong Papua Barat – Rapat Koordinasi Terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sorong, yang di pimpin oleh Ketua KPU Kab. Sorong Adomince Yohana Pandori, bertempat di Aula kantor KPU Kabupaten Sorong, Jl Sorong Klamono km 21 Kelurahan Klamesen, Distrik Mariat Kabupaten Sorong, Prov. Papua Barat.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain, Pasi Binkomsos Sterrem 181/PVT Mayor Inf Antonius Sagala, Kasubag Binops Polres Sorong Iptu Ida Bagus W. Dipta, Ketua KPU Kab. Sorong Adomince Yohana Pandori, Komesioner KPU Kab. Sorong Petrus Marselus Aitrem, S.AN, M.A.P., komisioner KPU Kab. Sorong Selfianus Kalaibin, S.AN, Sekertaris KPU Kab. Sorong Marten Kambuaya, SE, Komesioner KPU Kab. Sorong Olinda Olintamas, Komesioner KPU Kab. Sorong Mulyanto D. Ruslan, S.Pd, Ketua Bawaslu Kab. Sorong Regina Gembenop,SH, komesioner Bawaslu Kab. Sorong Nurjiantoro,S.Pd, Komesioner Bawaslu Kab. Sorong Bernard Rumpaisum, SH.

Ketua KPU Kab. Sorong, Adomince Yohana Pandori menyampaikan, Dalam kegiatan kita data pemilu berkelanjutan sangat penting untuk mendapatkan data yang valid untuk pelaksnaan pemilu serentak 2024 dan kami akan meminta ijin untuk pemansang baliho Link KPU dinas Dukcapil Kab. Sorong. Pertemuan kita pada kesempatan ini adalah, rapat koordinasi kami yang kedua sesuai dengan agenda hari ini yaitu Data Pemilih Berkelanjutan Kab Sorong Bersama Stakeholder Periode Bulan April tahun 2021. Bulan kemarin kita sudah melaksanakan koordinasi nanti ada hal-hal yang akan disampaikan dari divisi program dan data. Saya akan memberikan kesempatan kepada divisi program dan data untuk menyampaiakan terkait data pemilih berkelanjutan.

Komesioner divisi program dan data KPU Kab. Sorong Olinda Olintamas mengatakan Kegiatan yang kita laksanakan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran KPU RI Nomer 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tertanggal 4 Februari 2021 perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2021 dan surat edaran dari KPU Papua Barat Nomer 199/PL.02-1 SD /92/Prov/II/2021 tertanggal 24 Februari 2021 perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2021.

Pada kesempatan ini kita melaksanakan kegiatan rapat untuk berkoordinasi dengan TNI/Polri, Dinas Capil dan Bawaslu terkait dengan hal tersebut, selanjutnya kita akan bahas pemutahiran data yang ada di Dukcapil untuk kita singkronkan dengan data di KPU Kab. Sorong. Harapan kami dalam pelaksanaan Rapat koordinasi data Pemilih berkelanjutan Kab. Sorong Bersama Stakeholder Periode Bulan April tahun 2021 dapat mendapatkan data yang valid untuk pelaksnaan pemilu dan pilkada pada tahun 2024 secara serentak.

Pasi Binkomsos Sterrem 181/ PVT Mayor Inf. Antonius Sagala dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa, Berkaitan dengan data berkelanjutan pertemuan pertama yang dilaksanakan bulan Maret 2021 mohon maaf kami tidak sempat hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan. Kami menyarankan untuk bersurat kepada bapak Danrem 181/PVT, untuk setiap penerimaan prajurit apabila ada anak yang berdomisili dari kabupaten agar di laporkan untuk data pemilih berkelanjutan. Untuk Bersurat nanti bisa di kirim juga ke komandan batalyon RK 762/VYS dan Batalyon Zipur 20/PPA. Untuk data calon prajurit yang baru saya sarankan kepada KPU agar berkoordinasi dengan kepala distrik dan lurah karena setiap anggota yang baru akan mendaftar ada surat dari kelurahan masing masing.”Pungkasnya”.

Terkait dengan penyampaian Pasi Binkomsos Sterrem 181/ PVT Mayor Inf. Antonius Sagala, Ketua KPU Kab. Sorong menyampaikan terima kasih atas penyampaian dari korem, kami akan menyurat kepada bapak Danrem dan Komandan Batalyon RK 762/VYS, Batalyon Zipur 20/PPA terkait data pemilih berkelanjutan. Dalam waktu dekat kami akan menyurat untuk meminta dukungan dan kami juga akan melaksanakan pertemuan dengan Kelurahan terkait data berkelanjutan.

Kasubag Binops Polres Sorong Iptu Ida Bagus menyampaikan dari pihak Polres Sorong siap membantu dan mendukung semua kegiatan KPU Kab. Sorong dalam hal kegiatan Pemutahiran data berkelanjutan tahun 2021. Untuk data selanjutnya terkait dengan adanya anggota kepolisian yang baru diterima, yang sudah bebas dinas atau pensiun akan kami laksanakan pendataan lagi guna pemutahiran data pemilihan.
Pada kesempatan yang sama Ketua Bawaslu Kab. Sorong Regina Gembenop, SH, menyampaikan bahwa, Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Kab. Sorong Bersama Stakeholder Periode bulan April tahun 2021 ini merupakan yang kedua sebelumnya dilaksnakan pada bulan maret 2021.

Data pemilih berkelanjutan adalah satu tahapan yang sangat krusial, seperti yang di sampaikan ketua KPU Kab. Sorong, kita masih lama masuk dalam tahapan pemilu dan pilkada tetapi sangat penting sekali untuk meminimalisir permaslahan DPT di Kab. Sorong. Saya setuju apa yang di sampaikan ketua bawaslu ada sistim yang harus kita rubah koordinasinya harus kita buat setiap bulan atau perperiode.

“Data yang tadi disampaiakan dari pusat harus kita pelajari karena data kependudukan setiap hari berubah, untuk itu kita harus selalu berkoordinasi, saya juga mengharapkan agar KPU juga harus melakukan pendataan sendiri sehingga data yang ada di Dukcapil sama KPU bisa sama, sehingga kita kita melaksanakan kegiatan rapat ini untuk melakukan kordinasi terkait dengan data kependudukan”, pungkasnya.
(Timo)

 2 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.