Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabaupaten Ciamis Akan Tingkatkan SDM

Home WARTA DAERAH Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabaupaten Ciamis Akan Tingkatkan SDM
Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabaupaten Ciamis Akan Tingkatkan SDM

Kopatas.news | CIAMIS, – Untuk) mengoptimalisasikan penghimpunan zakat, infaq dan shodaqoh di tingkat Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis, KH. Lili Miftah mengaku akan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pengumpul zakat.

Menurutnya, selama ini UPZ masih mengandalkan pelaporan secara manual, itu pun kadang masih terkendala,” kata Ketua Baznas Ciamis, KH. Lili Miftah, Usai Sertijab Ketua Baznas periode 2021-2026 dan Pelantikan UPZ Baznas, di Aula Kemenag Ciamis, Kamis (8/4/2021).

“Sekarang kepengurusan UPZ sebagian telah diperbaharui, kemudian Sekretaris ditingkat UPZ juga disyaratkan untuk bisa menguasai Informasi Teknologi (IT). Hal tersebut supaya dapat lebih mudah ketika ada pelaporan berbasis cepat,” ujar KH. Lili.

H. Lili menilai bahwa jika salah satu Pengurus UPZ ada yang bisa menguasai IT, segala urusan mengenai pelaporan penghimpunan bisa lebih cepat dilaporkan. Sehingga tidak perlu memakan waku yang cukup panjang seperti pelaporan secara manual.

“Kedepan kita juga akan mengadakan pelatihan manajemen dan SDM UPZ. Supaya UPZ Baznas dapat lebih baik dari segi penghimpunan yang seiring dengan tantangan jaman di era digitalisasi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Pelaksana Baznas Ciamis, Amas Muhammad Tamsis mengatakan bahwa untuk memudahkan UPZ dalam melakukan pelaporan penghimpunan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS), Baznas Ciamis telah menyediakan tabel pelaporan melalui link google,” ucapnya.

“Dalam link pelaporan penghimpunan tersebut UPZ tinggal mengisi data, seperti nama, alamat hingga jumlah penghimpunan zakat, infaq dan shodaqoh,” ujarnya.

Amas berharap, dengan adanya pelaporan berbasis digital tersebut, diharapkan seluruh UPZ dapat menggunakannya secara maksimal. Oleh sebab itu kecepatan laporan dari UPZ sangat diharapkan oleh Baznas Ciamis.

 2 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.