Acara Sarasehan Nasional yang Diselengarakan Oleh Radio Republik Indonesia

Home TNI/POLRI Acara Sarasehan Nasional yang Diselengarakan Oleh Radio Republik Indonesia
Acara Sarasehan Nasional yang Diselengarakan Oleh Radio Republik Indonesia

Kopatas.news | Sorong papua barat – Sarasehan Nasional Yang Diselenggarakan Oleh Radio Republik Indonesia (RRI) di Kabupaten Raja Ampat, Bertempat di Jetty AFU Resort, Jln. Trans Waisai-Sapokren, Distrik Waigeo Selatan, Kab. Raja Ampat, Prov. Papua Barat.

Turut hadir diantaranya Wakil Gubernur Papua barat Muhamad Lakatoni SH.MSI, Direktur utama LPP RRI Mohamad Rohanudin, S.Sos Direktur Program & Produksi LPP RRI Drs. Soleman Yusuf,MM Kepala RRI Surabaya 1 Muhamad Fuzan, Kepala pusat Pemberitaan RRI Widi Kuniawan, Kepala RRI Manokwari 1 Yonas Marcus Tuhuleruw, S.Sos, Kepala RRI Manokwari 2 Saadiah Musaad Kepala RRI Sorong Oscar Pangalila, S.Sos, Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Danpasmar 3Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi,Danrem 181 /PVT Brigjen Indra Heri.SE, Dandim 1805/RA Letkol Inf Stevie Joan Klots, Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umalti, SE, Sekda Kab. Raja Ampat Dr. Yusuf salim M.Si, Sekretaris Dirut LPP RRI Diana Pangastuti, Prospen RRI Andi Pradana, Kameramen RRI Rizaliono Pradana, Presenter Nasiomal RRI Benadeta Risti, Kabag Penyiaran RRI Umi Setya Wati, Kabag Keuangan RRI Eman Suherman, Kepala RRI BIAK Ulis Makabori, Kepala RRI Nabire Yoneri, Kepala RRI Serui Asser, Pengelola data Kepegawaian RRI Edwin Djoyo.

Rangkaian kegiatan sarasehan Nasional diawali Penyambutan upacara injak piring dan pengalungan manik-manik kepada Wakil Gubernur Prov. Papua Barat beserta rombongan. Dilanjutkan dengan pengecekan suhu dan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Kesehatan Puskesmas Waisai.

Pada kesempatan ini Bupati Raja Ampat yang diwakili oleh Asisten II Setda Raja Ampat Noak Komboy menyampaikan, Atas nama pemerintah Kab. Raja Ampat kami mengucapkan selamat datang bagi bapak/ibu sekalian, selamat menikmati pesona alam yang ada di Kab. Raja Ampat. Kami menyambut baik adanya kegiatan Sarasehan Nasional yang mengangkat tema Bangga berwisata di Indonesia aja, apa lagi dalam sarasehan ini akan membahas potensi wisata yang ada di Kab. Raja Ampat.

Sebelum adanya Covid 19 wisatawan yang datang ke Kab. Raja Ampat cukup banyak, namun dengan adanya wabah Covid tersebut banyak penurunan. Banyak spot-spot wisata yang ada di Kab. Raja Ampat ini, baik pesona wisata alam maupun dasar lautnya. Untuk memajukan sektor wisata Kab. Raja Ampat memiliki moto “Wisata sambil Berolahraga, Berolahraga sambil Wisata” pungkasnya”.

Dalam sambutannya Direktur utama LPP RRI Mohamad Rohanudin, S.Sos menyampaikan, Kami ucapkan selamat datang kepada para tamu undangan yang telah hadir dalam rangka mengikuti Sarasehan Nasional dengan tema “Bangga Berwisata Di Indonesia Aja”. Kedatangan kami di sini untuk mempersatukan Indonesia, Radio Republik Indonesia (RRI) itu benar-benar ingin berpihak kepada Negara kesatuan Republik Indonesia. Kami mempertahankan Indonesia dengan diplomasi politik perjuangannya di dalam bidang siaran Saya ingin menyampaikan bahwa dari sekian banyak radio Republik Indonesia, di Papualah memiliki pendengar terbesar di Indonesia hampir 90%.

Radio Republik Indonesia ini adalah lembaga penyiaran terbesar di Indonesia yang tujuannya adalah membawa pesan untuk mempersatukan bangsa dan membawa pesan untuk mendamaikan bangsa, ini karena kita cinta merah putih. Lomba menyelam kini yang diinisiasi Oleh Pak Yan dari anggota komisi 1 DPR RI disambut oleh Radio Republik Indonesia dan tidak tanggung-tanggung dengan anggaran yang cukup besar, kami gotong royong dengan para Satker secara bersama ini sebenarnya untuk kebangkitan Indonesia, dari Papua kami peruntukkan untuk rakyat Papua karena kami bangsa Indonesia cinta Papua maka ayo kita sama-sama bersama-sama mengikuti acara lomba menyelam ini untuk sebuah pariwisata. Saya ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak, ibu-ibu dan adik-adik sekalian yang menyambut tim dari Jakarta untuk kebangkitan pariwisata di Indonesia, dimulai dari Papua, untuk Indonesia di Papua, untuk dunia dari Papua, kita kibarkan merah putih untuk Indonesia tetap bersatu.”ungkapnya”.

Wakil Gubernur Prov Papua Barat Mohammad Lakotani, SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Akibat dari dampak pandemi Covid-19 ini tingkat kunjungan wisatawan mengalami penurunan yang signifikan, tetapi dengan adanya kegiatan lomba foto bawah laut yang diinisiasi oleh salah satu anggota DPR RI bersama-sama dengan RRI ini akan ikut mendorong atau menyakinkan publik bahwa berwisata ke Raja Ampat sepanjang mematuhi Protokol Kesehatan maka insya Allah pasti aman, oleh karena itu tidak perlu ragu-ragu nari datang berwisata ke Raja Ampat menikmati keindahan Raja Ampat sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

Saya berharap seluruh rangkaian kegiatan yang nanti akan kita lewati dalam sarasehan nasional dan dirangkai dengan kegiatan menyelam serta foto bawah laut ini dapat berlangsung semua dengan baik. Tentu kita harapkan apa yang menjadi niat dan sasaran dari pada kegiatan ini bisa kita capai. Kita harus mampu meyakinkan publik bahwa berwisata apalagi di tengah suasana pademi ini aman dilakukan. Pemerintah telah gencar melakukan pengendalian wabah Covid 19 dengan membuat regulasi penerapan protokol kesehatan dan program Vaksinasi. Saya percaya bahwa dengan Vaksinasi, pandemi ini bisa kita kendalikan penyebarannya dan kita harapkan grafiknya akan menurun sehingga aktivitas kita bisa kembali seperti semula.

Lebih lanjut dikatakan Raja Ampat itu icon-nya atau leding sektor adalah pariwisata sehingga fokusnya bagaimana pariwisata ini bisa dihidupkan kembali. Kegiatan ini tentu memiliki kontribusi atau maksud untuk mengangkat kembali sektor pariwisata khususnya di Raja Ampat dan oleh karena itu atas nama pemerintah Provinsi Papua Barat kami ingin menyampaikan hormat dan juga terima kasih kepada Direktur RRI yang juga sudah memiliki inisiatif yang luar biasa menginisiasi kegiatan ini. Sekali lagi tentunya kegiatan ini pasti berdampak luas apalagi sebagai direktur RRI tentu akan disebarkan ke mana-mana sehingga keragu-raguan publik itu akan bisa ditekan sehingga diharapkan setelah adanya kegiatan ini pariwisata Kab. Raja Ampat perlahan-lahan bisa bangkit kembali.

Wisata di Raja Ampat itu adalah wisata bahari dan kalau kita melihat data-data wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat itu sebagian besar adalah wisatawan dengan minat khusus seperti snorkling untuk menikmati keindahan bawah laut dan rata-rata wisatawan mancanegara.

Bapak Bupati sebelumnya mencoba untuk membuka bandar udara di sini dan tentu ke depan sudah ada pembicaraan untuk bandara Marinda ini ingin kita perpanjang supaya ada penerbangan yang bisa langsung ke sini supaya biaya yang mahal perlahan-lahan dapat ditekan. Tetapi karena spot-spot wisata itu tersebar dan memerlukan tranportasi laut dengan biaya yang cukup mahal sehingga perlu mencari formula khusus untuk menekan biaya untuk menjangkau spot-spot tersebut sehingga minat wisatawan bisa dinaikkan.”ungkap Wagub Papua Barat diakhir sambutannya”.

Acara Dilanjutkan kegiatan ON AIR Saresehan Nasional Bangsa Berwisata di Indonesia Aja dengan Tema ” Berwisata di Raja Ampat aja”,Louncing Stasiun Relay RRI Raja Ampat oleh Wagub Prov. Papua Barat, Kepala Staf Ko Armada III, Bupati Raja Ampat dan Direktur utama LPP RRI dan Louncing pembukaan Lomba Foto bawah air oleh Wagub Prov. Papua Barat, Kepala Staf Ko Armada 3, Danrem 181/PVT, Bupati Raja Ampat dan Direktur utama LPP RRI dengan pemukulan Tifa.
(Timo)

 4 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.